sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tokopedia: Live shopping dorong lonjakan transaksi UMKM 8 kali lipat selama ramadan

Kategori kecantikan, makanan dan minuman, handphone dan tablet, serta buku menjadi beberapa kategori di Tokopedia Play yang paling diminati.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 21 Mei 2021 18:01 WIB
Tokopedia: Live shopping dorong lonjakan transaksi UMKM 8 kali lipat selama ramadan

Tren live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia Play mencatatkan berbagai peningkatan tren transaksi belanja online, donasi serta ibadah dari rumah sepanjang Ramadan 2021 lalu. 

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, jumlah penonton kanal video streaming Tokopedia Play naik hingga 6 kali lipat selama Daily Ngabuburit Serba Rp20 Ribu yang disiarkan sepanjang Ramadan 2021. Sementara secara umum, ada peningkatan lebih dari tujuh kali lipat pada total views di Tokopedia Play selama Ramadan. 

“Hal-hal ini turut mendorong peningkatan jumlah transaksi penjual di Tokopedia yang hampir 100%-nya UMKM, hingga lebih dari 8 kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Ekhel dalam keterangan resminya, Jumat (21/5). 
 
Kategori kecantikan, makanan dan minuman, handphone dan tablet, serta buku menjadi beberapa kategori di Tokopedia Play yang paling diminati masyarakat selama mengikuti Daily Ngabuburit Serba Rp20 Ribu di ramadan lalu.

"Berbagai kenaikan ini didorong oleh sederet nilai tambah yang telah dihadirkan Tokopedia untuk membuat pengalaman live shopping yang lebih menarik, relevan, dan mudah," ujarnya. 

Salah satunya, kemudahan dalam berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga sangat terjangkau pada kampanye Daily Ngabuburit Serba Rp20 Ribu, mulai dari fesyen, kecantikan, kebutuhan rumah tangga, peralatan olahraga, kendaraan motor hingga emas hanya Rp20.000.

Selain itu, para penjual kini sudah bisa menghasilkan karya video secara mandiri dengan memanfaatkan fitur live dan VOD (video on demand) di Tokopedia Play. 

Masyarakat juga sudah bisa menikmati pengalaman browsing video yang lebih mulus serta bisa melihat pilihan produk lebih mudah, karena langsung ditampilkan pada live room Tokopedia Play.

Adanya fitur picture in picture (PIP) di Tokopedia Play juga mendorong naiknya jumlah penonton. Lewat fitur ini, masyarakat bisa menonton konten video kreatif di Tokopedia Play sambil berbelanja.

Sponsored

“Tokopedia Play menjadi upaya Tokopedia dalam berinovasi di tengah era social-commerce, atau era dengan masyarakat yang berbelanja sambil mencari inspirasi atau sebaliknya, agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat,” tutur Ekhel.

Berita Lainnya