sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Puncak arus balik, tol Japek arah Jakarta diberlakukan contraflow

Para pengendara diminta selalu berhati-hati, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Achmad Rizki
Achmad Rizki Minggu, 03 Jan 2021 19:16 WIB
Puncak arus balik, tol Japek arah Jakarta diberlakukan contraflow
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan rekayasa lalu-lintas contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 53 arah Jakarta, Minggu (3/1), sore. Hal tersebut, dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

"Jasa Marga atas diskresi kepolisian berlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari KM 53 sampai dengan KM 47 arah Jakarta sejak pukul 15.50 WIB," ujar General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam keteranganya, Minggu (3/1).

Menurut dia, dengan pemberlakuan contraflow, kepadatan yang terjadi di Ruas Jalan Tol Japek dapat terurai. Widiyatmiko meminta, pengguna jalan untuk memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal guna menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Selain itu, dia mengharapkan, para pengendara selalu berhati-hati, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Sponsored

Sebelumnya, Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jakarta dalam rangka Nataru terjadi pada hari Minggu (3/1), dengan jumlah kendaraan yang kembali sebanyak 205 ribu kendaraan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Dwimawan Heru mengatakan, angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Prediksi dari arah Timur mencapai 56,4% dari total lalin. Sementara itu, dari arah Barat sebesar 21,2 persen dan dari arah Selatan sebesar 22,4%.

Berita Lainnya