sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Transaksi belanja online di Indonesia tertinggi Asean Rp37,8 triliun

Indonesia benar-benar menjadi pasar belanja online terbesar di Asia Tenggara dengan total transaksi mencapai Rp37,8 triliun pada 2018.

Sukirno
Sukirno Selasa, 19 Feb 2019 23:40 WIB
Transaksi belanja online di Indonesia tertinggi Asean Rp37,8 triliun

Indonesia benar-benar menjadi pasar belanja online terbesar di Asia Tenggara dengan total transaksi mencapai Rp37,8 triliun pada 2018.

Berdasarjan riset iPrice Group yang diterima Alinea.id pada Selasa (19/2), menyebutkan, persaingan antar platform e-commerce di Indonesia pada akhir 2018 masih menarik perhatian banyak pihak. 

Pendanaan baru dan kolaborasi dengan perusahaan e-money menjadi topik paling hangat dalam industri ini di penghujung tahun. Belum lagi, promo cashback dan end year sale juga menambah daya tarik untuk berbelanja online.

Dilansir dari laporan Google Temasek, transaksi online market dari Indonesia masih tertinggi di Asean dengan jumlah penjualan senilai US$$2,7 miliar setara Rp37,8 triliun (kurs Rp14.000 per dollar AS) pada tahun 2018. 

Harbolnas pada tanggal 12 Desember 2018 mampu membukukan penjualan Rp6,8 triliun, meningkat Rp2,1 triliun dari tahun sebelumnya. Walaupun belum mencapai target yang diharapkan, tapi jumlah ini berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan keseluruhan di online market Indonesia.

iPrice menjelaskan, penawaran cashback melalui penggunaan e-wallet yang ditawarkan oleh e-commerce di Indonesia mampu meningkatkan antusiasisme penggunaan e-wallet di Indonesia dari 11% pada 2017 menjadi 15% di tahun 2018. 

Penawaran jutaan produk, kemudahan bertransaksi, serta jaringan logistik yang luas mejadikan e-commerce di Asia Tenggara berkembang pesat. Tiga e-commerce regional terbesar, yakni Lazada, Shopee dan Tokopedia berhasil melebarkan market mereka hingga tujuh kali lipat dari tahun 2015.

Top 5 e-commerce di Asia Tenggara. / iPrice

Sponsored