sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tren transaksi di Tokopedia pada kuartal III-2020

Pada kategori makanan dan minuman, penjualan meningkat hampir tiga kali lipat selama pandemi.

Ghalda Anisah
Ghalda Anisah Jumat, 09 Okt 2020 13:59 WIB
Tren transaksi di Tokopedia pada kuartal III-2020
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Belanja daring saat ini masih menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus mendorong pegiat usaha di Indonesia-khususnya UMKM-untuk terus beroperasi. Tokopedia pun mengumumkan tren transaksi jual-beli online di platformnya sepanjang kuartal III-2020.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, kategori makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik, serta handphone & tablet menjadi lima kategori paling populer selama periode Juli hingga September 2020.

“Pada kategori makanan dan minuman, penjualan meningkat hampir tiga kali lipat selama pandemi. Produk sembako seperti telur dan ikan, mie instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi produk yang paling laris,” tambah Nuraini dalam keterangan tertulis.

Pada kategori elektronik, produk seperti bohlam pintar, earphone, antena dan receiver TV menjadi produk yang paling laris. Sementara pada kategori handphone & tablet, penyangga dan tripod untuk telepon seluler, powerbank serta kabel data merupakan produk yang paling banyak dicari.

Di samping itu, kategori kesehatan juga mengalami peningkatan hampir 2,5 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya. Di mana masker dan face shield masih menjadi produk kesehatan yang paling dicari masyarakat. 

Kegiatan berolahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat selama pandemi.

“Bersepeda, yoga dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf serta tenis meja merupakan lima aktivitas olahraga yang memicu kenaikan signifikan pada penjualan produk di kategori olahraga selama kuartal III 2020,” tambah Nuraini. 

Untuk kategori fesyen pria dan wanita, kaos, celana pendek, aksesoris kacamata, jam tangan, baju tidur dan pakaian dalam menjadi yang paling populer. Sementara pada kategori fesyen muslim, perlengkapan ibadah, jilbab dan gamis menjadi produk yang paling laris.

Sponsored

“Kunci menghadapi pandemi adalah tetap beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi. Tokopedia dalam hal ini berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa, melalui kolaborasi dengan para mitra strategis, untuk mempermudah masyarakat menemukan apa pun yang dibutuhkan, kapan pun, hingga menciptakan peluang,” tutup Nuraini. 

Berita Lainnya