sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wapres: Ada Covid, pelaku ekonomi syariah harus adaptasi

Membutuhkan sinergisitas sehingga dapat efektif dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi syariah dunia.

Hermansah
Hermansah Jumat, 07 Agst 2020 20:43 WIB
Wapres: Ada Covid, pelaku ekonomi syariah harus adaptasi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 373.109
Dirawat 64.032
Meninggal 12.857
Sembuh 297.509

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai, pelaku ekonomi dan keuangan syariah harus beradaptasi pada situasi pandemi Covid-19 yang sekarang sedang terjadi. Dengan begitu, keinginan menjadikan Indonesia sebagai refrensi keuangan syariah dunia dapat terealisasi.

"Pandemi Covid memaksa kita untuk berubah dan beradaptasi. Bila ingin bertahan dan berkelanjutan pandemi Covid dengan segala dampaknya, maka harus diikuti oleh pelaku ekonomi syariah. Harus disertai dengan pengembangan teknologi digital untuk mendukung aktivitas ekonomi syariah. Harus menyesuaikan diri dengan situasi tersebut, transaksi online mutlak diperlukan," papar dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/8).

Dia mencontohkan pada kondisi sekarang produk makanan halal harus menjadi pilihan rasional, bukan karena kehalalan. Oleh karena itu, makanan halal harus berkualitas, enak rasanya, sehat, dan higienis, sehingga menjadi pilihan knosumen selama dan pascapandemi. Begitu juga dengan produk yang terkait kesehatan dan kenyamanan konsumen.

Sementara Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional, BI merumuskan dalam tiga pilar yang saling terkait dan diperkuat dengan optimalisasi teknologi digital. Pertama, pemberdayaan ekonomi syariah dengan strategi utama pengembangan ekosistem halal value chain. Kedua, pendalaman pasar keuangan syariah. Ketiga penguatan riset, assessment dan edukasi. Hal tersebut membutuhkan sinergisitas sehingga dapat efektif dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi syariah dunia. 

Sponsored

"Ke depan, upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang dilakukan BI sebagai bagian dari upaya nasional, tetap akan difokuskan dengan pendekatan ekosistem yang teintegrasi untuk mendukung progrtam kerja yang telah terkoordinasi pada Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)," terang dia.

Berita Lainnya