sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

XL Axiata siapkan Rp500 miliar untuk buyback saham

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) akan melakukan buyback karena saham terus anjlok hingga 27,30%.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 07 Apr 2020 11:28 WIB
XL Axiata siapkan Rp500 miliar untuk buyback saham
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23851
Dirawat 16321
Meninggal 1473
Sembuh 6057

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menyiapkan dana hingga Rp500 miliar untuk melakukan pembelian kembali saham atau buyback. Pembelian kembali ini akan dilakukan mulai Selasa 7 April hingga 6 Juli 2020.

Manajemen XL Axiata dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin malam (6/4) mengatakan dana pembelian kembali saham akan berasal dari kas internal perseroan.

"Jumlah pembelian saham tak akan melebihi 2,13 miliar saham atau setara 20% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan," tulis manajemen XL Axiata.

Manajemen XL Axiata melanjutkan, pembelian kembali saham tersebut tak akan berdampak material terhadap laba-rugi perseroan. Selain itu, manajemen XL Axiata yakin pembelian kembali saham tak akan memberikan dampak negatif secara material terhadap kegiatan usaha dan operasional perseroan. Sebab, XL Axiata memiliki arus kas yang cukup.

Sponsored

"Perseroan akan melakukan pembelian kembali saham pada harga yang dianggap baik dan wajar dengan memperhatikan peraturan-peraturan yang berlaku," kata manajemen XL Axiata.

Rencananya, saham yang telah dibeli oleh perseroan tersebut akan digunakan sebagai treasury stock untuk jangka waktu tak lebih dari tiga tahun.

Adapun sejak awal tahun hingga saat ini (year to date/ytd), saham emiten berkode EXCL tersebut tercatat sudah anjlok 27,30%. Pada penutupan perdagangan kemarin (6/4), saham XL Axiata tercatat berada pada level Rp2.380 per saham. Saham EXCL memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp24,52 triliun.

Berita Lainnya