sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BPBD Klaten imbau warga lereng Gunung Merapi tingkatkan kewaspadaaan

Warga yang tinggal di lereng Merapi wilayah Kabupaten Klaten dirasa masih cukup aman namun tetap dihimbau untuk tingkatkan kewaspadaan.

Dessy Nuraulia Budiyanto
Dessy Nuraulia Budiyanto Rabu, 11 Mei 2022 15:30 WIB
BPBD Klaten imbau warga lereng Gunung Merapi tingkatkan kewaspadaaan

Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas pada Selasa (10/5) ke arah barat daya sejauh 1.800 meter. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, megimbau warga di kawasan lereng Gunung Merapi meningkatkan kewaspadaan.

"Guguran mengarah ke barat daya, ke aliran sungai lereng merapi wilayah Kabupaten Sleman, namun warga selalu meningkatkan kewaspadaan," kata Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto.

Winoto mengatakan guguran awan panas Gunung Merapi cenderung ke arah barat daya, yakni kawasan lereng Gunung Merapi di Kabupaten Sleman yakni ke Kali Gendol dan Kali Boyong. Warga yang tinggal di lereng Merapi wilayah Kabupaten Klaten dirasa masih cukup aman.

Terkait hal itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di sepanjang sungai agar meningkatkan kewaspadaannya. Terlebih saat ada peringatan bahwa di atas Gunung Merapi sedang turun hujan

"Kita tetap mengimbau pada masyarakat, tetap selalu waspada ketika musim hujan, di sepanjang kali dan sekitarnya, apalagi ketika hujan deras, disarankan untuk berhenti melakukan penambangan," pungkasnya.

Dilansir dari akun twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas terpantau pukul 17.31 WIB, dengan jarak 1,800 meter ke arah barat daya.

"Awan panas guguran #Merapi tanggal 10 Mei 2022 pukul 17.31 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 27 mm dan durasi 149 detik. Jarak luncur 1.800 m ke arah Kali Bebeng (barat daya). Arah angin ke timur," kata BPPTKG, Selasa (10/5).

Sementara itu, berdasarkan informasi dari media sosial merapi_Uncover, sempat terjadi hujan di puncak gunung merapi pada pukul 14.33 WIB.

Sponsored

"Hujan di puncak Merapi 10 Mei 2022 tercatat mulai pukul 14.33 WIB dengan total 12 mm. Saat ini hujan masih berlangsung," tulis Merapi_Uncover.

Berita Lainnya