close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi petani garam. Foto Pixabay.
icon caption
Ilustrasi petani garam. Foto Pixabay.
Daerah
Sabtu, 30 September 2023 15:41

Dewan minta Perusda Garam bisa tampung garam petani

Tterdapat kegelisahan para petani garam manakala seringnya harga jatuh saat di masa puncak panen garam.
swipe

Dengan slogannya Bumi Mina Tani, Kabupaten Pati adalah salah satu daerah penghasil garam terbesar secara nasional. Namun, terdapat kegelisahan para petani garam manakala seringnya harga jatuh saat di masa puncak panen garam.

Anggota Komisi B DPRD Pati Narso menyampaikan, pihaknya berharap dengan adanya perusahaan garam milik Provinsi Jawa Tengah, nantinya dapat menampung hasil produksi garam tradisional dari petani lokal.

"Ini supaya ketika di masa panen tidak sampai terjadi penurunan drastis yang merugikan petani,” ujar politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Oleh karena itu, Narso menekankan agar produk garam milik petani lokal itu dapat ditampung dan mendapat harga yang baik.

"Kalaupun harus dari garam impor pihaknya menegaskan harus sesuai aturan. “Kalau impor harus sesuai aturan, supaya tidak mengganggu harga garam petani lokal ini,” tegasnya.

Karena itu ia menilai, kehadiran pabrik garam tersebut diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi para petani garam tradisional di Pati. Untuk diketahui wilayah penghasil garam di Pati yakni di Kecamatan Batangan, Juwana, Wedarijaksa, dan juga Trangkil.

Pada awal bulan ini, (4/9) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno melakukan groundbreaking Pabrik Garam PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT) di Desa Raci, Kecamatan Batangan.

img
Tim copywriter
Reporter
img
Satriani Ari Wulan
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan