logo alinea.id logo alinea.id

Harga Gas LPG 3 Kg Meroket, Warga Pangandaran Menjerit

Warga Kabupaten Pangandaran menjerit lantaran harga gas LPG 3 kilogram meroket, hingga Rp25 ribu

Adrian Alexander
Adrian Alexander Rabu, 25 Sep 2019 11:01 WIB
Harga Gas LPG 3 Kg Meroket, Warga Pangandaran Menjerit

Warga Kabupaten Pangandaran menjerit lantaran harga gas LPG 3 kilogram meroket, hingga Rp25 ribu. Kondisi ini menyebabkan masyarakat keberatan karena gas bersubsidi itu semakin sulit dijangkau.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran juga telah mengeluarkan Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati untuk mengatur peredaran gas LPG 3 kilogram.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida mengatakan, mahalnya gas LPG 3 kilogram tersebut akibat dari praktik penggunaan gas LPG 3 kilogram yang salah. 

"Gas LPG 3 kilogram itu untuk masyarakat miskin dan UMKM skala kecil," kata Tedi kemarin.

Karena di lapangan pengguna gas LPG 3 kilogram bukan hanya masyarakat miskin dan UMKM skala kecil, ujar dia, akibatnya banyak indikasi praktek jual beli yang tidak sehat.

"Rangkaian pendistribusian gas LPG 3 kilogram berdasarkan regulasi dari SPBE ke agen dan seterusnya ke pangkalan," ujar dia.

Namun, tutur Tedi, yang terjadi di lapangan banyak masyarakat yang sebetulnya sebagai konsumen memposisikan diri sebagai pengecer atau jaringan dari pangkalan.

"Berdasarkan Keputusan Bupati, harga eceran tertinggi (HET) di Pangandaran ada dua wilayah, yaitu harga Rp16.900 dan 17.400," tutur Tedi.

Sponsored

Untuk harga Rp16.900, ungkap dia, berlaku di Kecamatan Mangunjaya, Padaherang, dan Kalipucang. Sedangkan untuk harga Rp17.400 berlaku di Kecamatan Pangandaran, Sidamulih, Parigi, Cigugur, Cijulang, Cimerak, dan Langkaplancar.

"Harga tersebut diatur dalam Keputusan Bupati Pangandaran Nomor : 510.23/Ktps.224-Huk/2017 tentang HET Gas LPG Tertentu Tabung 3 Kilogram Untuk Keperluan Rumah Tangga dan Usaha Mikro di Kabupaten Pangandaran," ungkap Tedi.
 

LPG 3 KG LPG 3 KG
Pangandaran Pangandaran
Adrian Alexander
Adrian Alexander
Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Selasa, 15 Okt 2019 20:42 WIB
Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Senin, 14 Okt 2019 21:28 WIB
Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Sabtu, 12 Okt 2019 07:57 WIB