sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jalan Long Bagun-Pahangai dikeluhkan warganet, Pemprov Kaltim perbaiki tahun ini

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menyatakan akan memperbaiki jalan Long Bagun-Long Pahangai pada tahun ini.

Muhammad Wahid Aziz
Muhammad Wahid Aziz Kamis, 26 Jan 2023 11:23 WIB
Jalan Long Bagun-Pahangai dikeluhkan warganet, Pemprov Kaltim perbaiki tahun ini

Video Wakil Bupati Mahakam Ulu, Kalimantan Timur (Kaltim), Yohanes Avun mengeluhkan kondisi jalan penghubung Kecamatan Long Bagun-Long Pahangai yang rusak parah beredar luas di media sosial. Video tersebut juga mendapat tanggapan serupa dari waragnet yang mengeluhkan kerusakan jalan menghambat aktivitas ekonomi.

Merespons video keluhan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menyatakan akan memperbaiki jalan Long Bagun-Long Pahangai pada tahun ini.

“Jalan itu (penghubung Kecamatan Long Bangun - Long Pahangai) akan kita kerjakan bersama pada tahun ini,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan (PUPR Pera) Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda dalam keterangannya, Rabu (25/1).

Aji menjelaskan, jalan yang viral tersebut merupakan jalan non status, artinya bukan milik kabupaten maupun provinsi. Meski begitu, pihaknya tetap akan memperbaikinya agar kerusakan tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

"Memang non status sehingga bisa kita kerjakan bersama-sama, baik itu APBD Provinsi maupun APBN," katanya.

Aji mengatakan, skema perbaikan jalan Kecamatan Long Bangun - Long Pahangai akan menggunakan bahan lokal. Perbaikan juga mempertimbangkan pembetonan jika memungkinkan.

"Mungkin ada titik-titik tertentu yang kalau bisa dibeton maka dibeton. Jadi menggunakan material-material lokal, timbunan pilihan," terangnya.

Selain itu, Aji menjelaskan pada tahun 2023 Pemprov Kaltim telah menganggarkan Rp1,2 Triliun untuk kegiatan terkait rekonstruksi (perbaikan) dan pembangunan jalan dan jembatan.

Sponsored

"Untuk jalan di tahun 2023 itu Rp1,2 Triliun untuk rekonstruksi (perbaikan), pembangunan, dan jembatan. Total pembangunan jalan 18 km, kalau untuk rekonstruksi ada 70 km," ungkapnya.

Terdapat beberapa target pengerjaan jalan yang akan selesai pada tahun ini. Pertama ruas jalan Samarinda - Sebulu, Samarinda - Sanga-sanga - Samboja - Balikpapan (jalur pesisir), ruas Kaliorang Kaubun - Simpang GM Kaubun, dan jembatan Sei Rantau Nibung.

"Lalu juga ada di simpang 46 Talisayan ke Tanjung Redeb tapi untuk itu belum tuntas di tahun ini, karena masih cukup Panjang," kata Aji dilansir dari selasar.co.

Berita Lainnya
×
tekid