logo alinea.id logo alinea.id

Obati bisul dan luka bakar dengan lidah buaya

Daun lidah buaya bisa untuk mengobati bisul, menyehatkan rambut dan mengobati luka bakar.

Alika Naila Putri
Alika Naila Putri Jumat, 20 Sep 2019 14:25 WIB
Obati bisul dan luka bakar dengan lidah buaya

Mudah ditemui di pekarangan rumah, tumbuhan lidah buaya ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Badan Litbang Kementerian Pertanian, daging daun tanaman dengan nama latin "Aloe vera" menjadi bahan yang sangat berkhasiat.

Dikutip dari buku saku "Tanaman Obat Warisan Tradisi Nusantara untuk Kesejahteraan Rakyat, Balittro Bogor, di antara khasiat lidah buaya, ialah mengatasi batuk, mengatasi persoalan haid tidak teratur, amara, antelmintik, sembelit, serta merawat kesehatan rambut.

Mengolah lidah buaya untuk kesehatan pun cukup sederhana. Melalui resep tradisional, kita bisa mengenali bagian yang dipakai yakni daun, bunga, akar, dan pemakaian segar.

Misalnya, sebagai penyubur rambut, ambil daun lidah buaya segar secukupnya dibelah. Kemudian ambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar.

Sponsored

Selanjutnya, gosokkan ke kulit kepala sesudah mandi sore lalu dibungkus dengan kain. Keesokan harinya, rambut dicuci. Ulangi penggunaan setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Sementara untuk mengobati luka bakardan tersiram air panas, ambil daun lidah buaya. Cuci bersih dan ambil bagian dalamnya. Tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.

Lidah buaya juga bisa untuk mengobati bisul. Caranya, lumatkan daun lidah buaya dan tambahkan sedikit garam lalu tempelkan pada bisul. Selamat mencoba.

Pertanian Pertanian
Kesehatan Kesehatan
Eros Kayana Bima
Eros Kayana Bima