sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tangani kebakaran di lorong sempit, Pemkot Makassar luncurkan Damtor

Kapasitas air untuk satu unit Damtor yakni 1 kubik atau 1.000 liter air dengan jangkauan radius lebih dari 200 meter.

Muhammad Wahid Aziz
Muhammad Wahid Aziz Kamis, 13 Okt 2022 13:50 WIB
Tangani kebakaran di lorong sempit, Pemkot Makassar luncurkan Damtor

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai mendistribuiksan 53 unit Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) ke 15 kecamatan. Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, Damtor ini sebagai alternatif pertolongan pertama dan menjadi sistem penanggulangan kebakaran tercepat di permukiman padat penduduk.

"Karenanya, Damtor ini dihadirkan sebagai alternatif pertolongan pertama dalam mengantisipasi ruang-ruang sempit di lorong jika terjadi kebakaran," jelas Danny, sapaan akrab wali kota saat penyerahan Damtor di Mako Damkar Kota Makassar, Kamis (13/10).

Danny mengatakan, Damtor ini akan dilengkapi dengan selimut api dan tangki pompa air. Ia menyebut, Damtor akan membantu mobil damkar menjangkau ruang-ruang sempit yang ikut terbakar. Kapasitas air untuk satu unit Damtor yakni 1 kubik atau 1.000 liter air dengan jangkauan radius lebih dari 200 meter.

"Sistem yang kami rancang ini hasil dari analisis teman-teman Damkar. Kita sebar Damtor di setiap kelurahan dan setiap Lorong Wisata dengan kelengkapan selimut api. Jadi api di ruang sempit akan diantisipasi lewat Peka Lorong dan langsung dibantu oleh Damtor," ucapnya.

Sponsored

Sementara, Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin mengungkapkan, total Damtor yang akan disalurkan sebanyak 153 unit, sesuai dengan jumlah kelurahan yang ada di Kota Makassar. Untuk tahun ini, Damtor disalurkan sebanyak 53 unit dan tahun depan akan segera ditambah 100 unit.

"Jadi InsyaaAllah tahun depan sudah tersalurkan semua 153 unit dan pengoperasiannya ini akan dilakukan sama anggota Batalyon 120 yang mendaftar menjadi relawan Damkar sebanyak 306 orang dan kami latih,"tuturnya.

Berita Lainnya
×
tekid