sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkot siapkan Rp13 miliar revitalisasi Pasar Tradisional

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag), Arlin Ariesta, menyebut program ini menjadi langkah awal pemkot dalam rangka pemulihan ekonomi.

Muhammad Wahid Aziz
Muhammad Wahid Aziz Jumat, 28 Jan 2022 18:41 WIB
Pemkot siapkan Rp13 miliar revitalisasi Pasar Tradisional

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menyiapkan anggaran Rp13 miliar untuk program revitalisasi pasar tradisional. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag), Arlin Ariesta, menyebut program ini menjadi langkah awal pemkot dalam rangka pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19 sesuai arahan wali kota.

"Kita dihantam pandemi Covid-19 kurang lebih dua tahun lebih, maka upaya pemulihan ekonomi terus kita galakkan. Revitalisasi pasar ini menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi di Kota Makassar," kata Arlin, Jumat (28/1).

Arlin mengatakan, untuk tahap awal, pembangunan akan digeber di Pasar Sambung Jawa, Pasar Sawah dan Pasar Cendrawasih.

"Anggaran yang ada sekarang untuk Pasar Sawah dari dana APBN sebesar kurang lebih Rp13 miliar, sementara untuk dua pasar lainnya anggaran APBD kurang lebih Rp10 miliar," jelas Arlin.

Disdag juga masih menyiapkan keperluan administrasi termasuk lokasi lahan. Namun, Arlin memastikan pembangunan fisik digeber mulai tahun ini.

"Kita nanti jadwalkan semua secepatnya tahun ini," tegasnya.

Guna melancarkan program tersebut, ia berkoordinasi dengan Perumdam Pasar Makassar Raya untuk merumuskan konsep revitalisasi pasar.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Direksi Perumdam Pasar Makassar Raya, Syamsul Bahri, menyambut baik rencana revitalisas pasar. Mengingat, umur bangunan sarana prasarana pasar rata-rata sudah  di atas usia 25 sampai 30 tahun.

Sponsored

"Kami sangat merespons dan mengapresiasi langkah ini," pungkas Syamsul.

Berita Lainnya
×
tekid