logo alinea.id logo alinea.id

Pentingnya penyuluh pertanian 'melek' teknologi

Sleain petani, penyuluh pertanian adalah bagian penting dalam peningkatan kapasitas pertanian di Indonesia.

Alika Naila Putri
Alika Naila Putri Jumat, 20 Sep 2019 12:54 WIB
Pentingnya penyuluh pertanian 'melek' teknologi

Presiden Joko Widodo telah mengingatkan adanya distrupsi di era industri 4.0. Penggunaan teknologi pun menjadi kunci, termasuk di bidang pertanian. Oleh karena itu, peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi penting dalam penerapan teknologi.

Merujuk pada fakta tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof Dedi Nursyamsi mengigatkan para penyuluh pertanian untuk berinovasi dan memahami penggunaan teknologi. Tujuannya, untuk mencapai efisiensi dan daya saing sektor pertanian.

“Inovasi teknologi tersebut dapat diimplementasikan di lapangan, sehingga diperlukan SDM yang handal, profesional dan berdaya saing terhadap teknologi. Disitulah tugas penyuluh,” kata Dedi seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian, Jumat (20/9).

Tak hanya itu, Dedi mengajak para penyuluh untuk meningkatkan kemampuan diri. Terutama dalam kemampuan informasi teknologi (IT) dan penyerapan teknologinya. Bahkan, ia menegaskan, mau tidak mau atau suka tidak suka, penyuluh harus masuk ke era 4.0 yang kini sudah menghasilkan teknologi yang lebih efisien dan produktivitas tinggi.

Sponsored

“Contohnya traktor, sekarang sudah menggunakan internet,” ujar Dedi.

Kemampuan lain yang juga perlu ditingkatkan ialah pola pikir agribisnis agar semakin berdampak pada kelompok tani (Poktan). Melalui pola pikir tersebut, Poktan ke depan bisa menjadi korporasi petani, bahkan Badan Usaha Milik Petani (BUMP).

Sementara Kementan, juga menyiapkan Sistem Penyuluhan Pertanian melalui cyber extension. Melalui sistem tersebut, nantinya mampu mengintegrasikan media komunikasi digital dan media elektronik (televisi dan radio) serta media komunikasi konvensional non digital melalui penguatan fungsi forum-forum media (media forum).

Pertanian Pertanian
Eros Kayana Bima
Eros Kayana Bima
Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Cara buzzer bekerja dan alarm bahaya di baliknya

Selasa, 15 Okt 2019 20:42 WIB
Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Senin, 14 Okt 2019 21:28 WIB
Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Sabtu, 12 Okt 2019 07:57 WIB