sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Perhutanan Sosial Kaltim lampaui target RPJMD

Pelaksanaan Program Perhutanan Sosial Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini sudah mencapai 273.000 hektare.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Jumat, 06 Jan 2023 16:26 WIB
Perhutanan Sosial Kaltim lampaui target RPJMD

Pelaksanaan Program Perhutanan Sosial Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini sudah mencapai 273.000 hektare. Jumlah ini melampui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2019-2023 yakni 165.000 hektare.

“Kita bersyukur, target Perhutanan Sosial telah melampui target RPJMD Kaltim 2019-2023, program Perhutanan Sosial ini tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim,” kata Kepala Dinas Kehutanan Kaltim, Joko Istanto, dikutip Jumat (6/1).

Joko menjelaskan, saat ini sebanyak 130 hektare izin Perhutanan Sosial telah diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Menurut Joko, pihaknya menargetkan tahun ini luassan kawasan Perhutanan Sosial bisa bertambah menjadi 300.000 hektare.

Sponsored

“Untuk mencapai target, tentu perlu kerja keras dan kolaborasi semua pihak, baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Kita memerlukan dukungannya, agar apa yang ditargetkan bisa terealisasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Joko menyampaikan program Perhutanan Sosial sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pola pemberdayaan dan dengan tetap berpedoman pada aspek kelestarian.

“Program perhutanan sosial akan membuka kesempatan bagi masyarakat di sekitar hutan untuk mengajukan hak pengelolaan area hutan kepada pemerintah. Setelah disetujui maka masyarakat dapat mengolah dan mengambil manfaat dari hutan dengan cara-cara yang ramah lingkungan,” pungkasnya.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid