sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pulau Pahawang Pesawaran masuk 50 besar nominasi ADWI 2022

Desa binaan Dinas Pariwisata (Dispar) Pesawaran ini berhasil mengalahkan lebih dari 3.000 desa wisata seluruh Indonesia.

Muhammad Wahid Aziz
Muhammad Wahid Aziz Kamis, 28 Apr 2022 09:30 WIB
Pulau Pahawang Pesawaran masuk 50 besar nominasi ADWI 2022

Desa Wisata Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran berhasil masuk 50 besar nominasi ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa binaan Dinas Pariwisata (Dispar) Pesawaran ini berhasil mengalahkan lebih dari 3.000 desa wisata seluruh Indonesia.

Kepala Dispar, Ketut Partayasa mengatakan, pihaknya mencoba menerapkan pola Comunity Based Tourism, atau wisata berbasis komunitas untuk mendorong pengelolaan Pahawang. Sehingga, warga juga ikut berperan penting dalam pengembangan wisata ini, bukan hanya pemerintah.

"Pencapaian nominasi 50 besar ADWI, tentu berkat dukungan dan peran serta banyak pihak, termasuk warga sekitar lokasi wisata desa, aparat desa serta seluruh masyarakat Pesawaran," kata Ketut dalam keterangannya, Rabu (27/4).

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dispar, Yudiana mengatakan, pihaknya berusaha tampil maksimal pada ajang ADWI 2022. Pasalnya, hal ini menjadi momentum mengenalkan berbagai potensi wisata pedesaan yang ada di wilayah setempat.

Sponsored

"Ajang ADWI ini juga sejalan dengan program Bupati Dendi Ramadhona terkait program satu desa satu obyek wisata atau One Village One Destination. Selain itu, capaian 50 besar ini juga menjadi angin segar terhadap industri pariwisata di Bumi Andan Jejama," katanya.

Berita Lainnya