logo alinea.id logo alinea.id

Rembang bersiap menjadi kawasan mangga Arummanis

Kementerian Pertanian berencana memperluas tanam mangga arummanis hingga 200 hektare di Kabupaten Rembang.

Alika Naila Putri
Alika Naila Putri Jumat, 20 Sep 2019 12:02 WIB
Rembang bersiap menjadi kawasan mangga Arummanis

Sebentar lagi, Kabupaten Rembang akan menjadi kawasan mangga arum manis di Jawa Tengah. Kementerian Pertanian, saat ini tengah memantapkan rencana kabupaten di pesisir utara Jawa ini menjadi penghasil mangga berkualitas ekspor.

Saat ini, Kabupaten Rembang sendiri dikenal sebagai salah satu sentra penghasil mangga varietas arumanis di Jawa Tengah. Wilayah produksi buah yang legit tersebut terletak di kecamatan Kragan, Pancur, Lasem, Sluke dan Sulang.

Mangga arum manis banyak dibudidayakan di dataran rendah berketinggian 60 - 90 mdpl. Sebagian di antaranya ada yang sudah berumur 15 tahun lebih dengan produktivitas mencapai 5 kuintal per pohon.

Dikutip dari situs resmi Kementerian pertanian, tak hanya di tegalan dan hamparan, pohon mangga di Rembang juga banyak ditemui di pekarangan rumah penduduk.
 
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Rembang, Desti Muryadi menyebut di Kecamatan Kragan bahkan terdapat klaster mangga. Selain membantu pemasaran mangga segar, adanya klaster sangat membantu petani memanfaatkan mangga off-grade untuk dijadikan bahan industri kecil olahan.

Sponsored

Rencananya, pada 2020 mendatang, kawasan mangga di Rembang akan diperluas hingga 200 hektare. Hal ini sejalan dengan rancangan Grand Design Hortikultura Nasional.

Penambahan luas tanam tersebut juga untuk memantapkan Rembang sebagai kawasan terpadu mangga berkualitas di wilayah Pantai Utara Jawa. Bahkan, nantinya pemasaran mangga dari Rembang akan didorong untuk ekspor.

"Caranya, kawasan tersebut harus digarap bersama stakeholder terkait dari hulu hingga hilir. Sejak awal kita ajak para pelaku usaha eksportir terlibat," jelas Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Liferdi Lukman.

Jawa Tengah Jawa Tengah
Pertanian Pertanian
Eros Kayana Bima
Eros Kayana Bima