sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Nyaris separuh Yahudi Israel dukung Palestina merdeka

Sekitar 47% orang Yahudi Israel berpendapat bahwa rakyat Palestina layak memiliki sebuah negara yang merdeka.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Kamis, 06 Sep 2018 10:02 WIB
Nyaris separuh Yahudi Israel dukung Palestina merdeka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2491
Dirawat 2090
Meninggal 209
Sembuh 192

Hampir separuh orang Yahudi Israel, atau sekitar 47% berpendapat bahwa rakyat Palestina layak memiliki negara merdeka. Demikian laporan bulanan Peace Index dari Lembaga Demokrasi Israel dan Tel Aviv University yang disiarkan Selasa (4/9).

Di antara orang Arab Israel, 73% mendukung kesepakatan semacam itu.

Menurut survei tersebut, 56% orang Yahudi dan Arab Israel percaya, kesepakatan perdamaian dengan dasar penyelesaian dua-negara tak mungkin dilaksanakan.

Ulasan mengenai sampel orang Yahudi berdasarkan usia menunjukkan bahwa dukungan bagi negara Palestina meningkat berkaitan dengan usia.

Di mereka yang berusia 18-34 tahun, hanya 35% yang mendukung hak rakyat Palestina untuk memiliki negara, 54% orang yang berusia 35-54 tahun mendukungnya, dan pada kelompok usia yang lebih tua, mayoritas 62 persen mendukungnya.

Orang Arab Israel 94% berpendapat bahwa orang Palestina berhak pada prinsipnya bagi negara merdeka mereka sendiri.

Selain itu, 83% orang Yahudi Israel berpendapat bahwa "orang Palestina harus mengakui Israel sebagai negara-bangsa Yahudi sebelum pembicaraan perdamaian dengan mereka dihidupkan kembali". Sementara, 72% orang Arab-Israel menentang tuntutan itu.

Menurut data tersebut, 66% orang Yahudi Israel sepakat bahwa "kebanyakan orang Palestina telah setuju dengan kehadiran Israel dan ingin menghancurkannya, kalau mereka bisa".

Sponsored

Sementara Tahun Baru Yahudi mendekat pekan depan, 64% orang Yahudi-Israel berpendapat bahwa itu adalah tahun baik buat negara mereka, dan 85% sangat menantikan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga mereka.

Dalam tahun mendatang, sebanyak 22% orang Yahudi Israel ingin pemerintah memusatkan pada penutupan jurang sosial-ekonomi, 18% ingin meningkatkan kondisi ekonomi dan 16% lainnya mengurangi korupsi.

Di kalangan orang Arab Israel, keinginan  pertama mereka adalah mewujudkan kesepakatan perdamaian dengan Palestina dan setelahnya adalah peningkatan kondisi ekonomi.

 

 

Sumber: Antara

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Senin, 06 Apr 2020 06:02 WIB
Menagih janji keringanan cicilan utang

Menagih janji keringanan cicilan utang

Senin, 06 Apr 2020 05:43 WIB
Berita Lainnya