sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

NATO gelar latihan terbesar, ini tujuannya

Latihan NATO yang akan digelar di Serbia mencerminkan solidnya kemitraan antar kedua pihak.

Soraya Novika
Soraya Novika Rabu, 03 Okt 2018 17:46 WIB
NATO gelar latihan terbesar, ini tujuannya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 3293
Dirawat 2761
Meninggal 280
Sembuh 252

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Selasa (2/10) mengumumkan bahwa dirinya akan berkunjung ke ibu kota Serbia, Belgrade, untuk menggelar latihan NATO. Pernyataannya itu muncul saat konferensi pers jelang pertemuan para menteri pertahanan NATO di Brussels, Belgia.

Stoltenberg mengatakan bahwa dia akan menghadiri latihan bantuan bencana terbesar pertama bagi organisasi keamanan itu di Serbia.

"Minggu depan saya akan bepergian ke wilayah itu lagi, mengunjungi Belgrade, Zagreb, dan Ljubljana. Di Serbia saya akan menghadiri latihan bantuan bencana terbesar kami. 40 negara akan ikut berpartisipasi. Ini adalah latihan pertama yang diselenggarakan di Serbia yang mencerminkan kuatnya dan bernilainya kemitraan Serbia dan NATO. 

Lebih lanjut, Stoltenberg menerangkan bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan interoperabilitas dalam operasi tanggap bencana internasional.

Sponsored

Latihan tersebut mencakup pencarian dan penyelamatan perkotaan (USAR), pelatihan tim medis dan paramedis, tanggap darurat kimia, biologi, radiologi, dan nuklir, serta pelatihan tim dekontaminasi dan tim penyelamat air.

Stoltenberg akan tiba di Belgrad pada paruh pertama Oktober 2018, di mana dia akan berdialog langsung dengan Presiden Serbia Aleksandar Vucic.

Negara-negara bekas Yogaslavia lainnya seperti Kroasia dan Slovenia telah bergabung dengan Uni Eropa dan NATO. Namun, tidak demikian dengan Serbia, Kosovo, dan Bosnia. (Anadolu Agency)

Berita Lainnya