sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

16 WNI peserta tablig akbar direpatriasi dari India

Sekitar 700 WNI mengikuti tablig akbar di India.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 09 Jul 2020 18:13 WIB
16 WNI peserta tablig akbar direpatriasi dari India
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menuturkan, sebanyak 16 warga negara Indonesia (WNI) anggota Tablighi Jamaat, yang mengikuti tablig akbar di India pada Maret, telah dipulangkan ke Tanah Air.

Tablig akbar, yang digelar di Nizamuddin, New Delhi, dianggap sebagai salah satu klaster penularan dan telah dikaitkan dengan ribuan kasus infeksi coronavirus baru (Covid-19) di India.

"Setelah menunggu lama dan disertai dengan upaya Indonesia yang konsisten, 50 WNI anggota Tablighi Jamaat telah dibebaskan," jelasnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/7).

Sebanyak 16 dari mereka dipulangkan ke Indonesia pada Sabtu (4/7), sementara 34 lainnya rencananya akan direpatriasi, 17 Juli.

Sponsored

Menurut data Kemlu pada pertengahan Mei, lebih dari 700 WNI peserta tablig akbar berada di India.

Lebih dari 200 di antaranya dilaporkan ke polisi karena diduga melanggar kebijakan karantina dan aturan imigrasi. Sebagian dari mereka berada dalam tahanan pengadilan dan dijadwalkan menjalani proses hukum.

"Dengan pertimbangan hubungan baik antara Indonesia dan India, sekali lagi kami telah meminta kepada pihak berwenang India untuk mengizinkan sisa WNI anggota Tablighi Jamaat untuk dipulangkan," lanjut Retno.

Berita Lainnya