sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

2 staf Kedubes Belanda terlibat kecelakaan kapal di Kalteng

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa dua staf dari Kedutaan Besar Belanda terluka dalam kecelakaan tersebut.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 09 Mar 2020 21:43 WIB
2 staf Kedubes Belanda terlibat kecelakaan kapal di Kalteng
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Pada Senin (9/3), telah terjadi insiden tabrakan kapal cepat di Sungai Sebangau, Kalimantan Tengah. Kecelakaan tersebut melibatkan tim aju persiapan kunjungan Raja Belanda Willem-Alexander ke Palangkaraya.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa dua staf dari Kedutaan Besar Belanda terluka dalam kecelakaan tersebut.

"Dua orang itu kini berada di rumah sakit. Saya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Kementerian Luar Negeri RI akan terus memantau perkembangan yang ada di lapangan," tutur Menlu Retno usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok di Hutan Kota Plataran, Jakarta, pada Senin.

Retno menyebut bahwa Menlu Blok menyampaikan duka cita dan simpati mendalam atas insiden tersebut.

"Kita masih menunggu pernyataan resmi dari pihak Belanda, tetapi tadi Menlu Blok sudah menyampaikan simpati dan duka cita," jelas dia.

Menurut keterangan tertulis juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah, kecelakaan terjadi saat kapal Korem, yang ditumpangi staf Kedubes Belanda, bertabrakan dengan kapal Taman Nasional Sebangau yang sedang dalam perjalanan kembali dari Mangkok Resort.

Kedua staf Kedubes Belanda itu dilaporkan sedang dirawat di RS Siloam, Palangkaraya. Sementara itu, dua korban terluka lainnya dari kapal Taman Nasional Sebangau dirawat di RSUD Doris Sylvanus.

"Tujuh orang penumpang kapal Taman Nasional Sebangau dan satu penumpang kapal Korem masih belum ditemukan. Pencarian terus dilakukan," tutur Faizasyah.

Sponsored
Berita Lainnya