sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

25 tewas akibat erupsi Gunung Fuego di Guematala

Erupsi Gunung Fuego menjadi letusan paling mematikan dalam beberapa dekade terakhir.

Dika Hendra
Dika Hendra Senin, 04 Jun 2018 17:58 WIB
25 tewas akibat erupsi Gunung Fuego di Guematala
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 116871
Dirawat 37530
Meninggal 5452
Sembuh 73889

Sedikitnya 25 orang tewas dan ratusan warga lainnya terluka saat erupsi Gunung Fuego. Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah karena banyak desa yang dijangkau tim penyelamat.

Erupsi Gunung Fuego menjadi letusan paling mematikan dalam beberapa dekade terakhir. Gunung Fuego yang berjarak 40 km dari Guematala City mengeluarkan asap hitam, menyemburkan batu dan asap ke angkasa pada Senin (4/6).

Aliran lava menghantam desa El Rodeo yang mengakibatkan banyak orang tewas. Bandara utama di Guetamala City pun terpaksa ditutup. Presiden Jimmy Morales mendeklarasikan duka nasional selama tiga hari. 

"Bangsa ini mengalami luka mendalam dikarenakan korban jiwa akibat gunung meletus," kata Morales dilansir BBC

Kepala Badan Manajemen Bencana Nasional Guetamala Sergio Cabañas kepada radio lokal setempat menambahkan, aliran lava berubah arah menuju El Rodeo. Sehingga mengakibatkan korban jiwa.

Wilayah El Rodeo terkubur dan belum mampu menjangkau wilayah La Libertad yang juga diterjang lava. Mungkin banyak korban jiwa di La Libertad.

Cabanas mengungkapkan, korban tewas juga termasuk stafnya yang bertugas di wilayah bencana. Beberapa anak juga menjadi korban tewas. Video yang dipublikasikan media lokal menunjukkan banyak jenazah yang terbawa aliran lava.

Erupsi Fuego merupakan terbesar sejak 1974. Bencana itu juga diperkirakan akan memakan jumlah korban dalam jumlah yang banyak.

Sponsored

Seorang korban selamat mengatakan kalau lava juga mengalir ke ladang jagung. Dia memprediksi banyak orang yang meninggal dunia akibat terjangan lava. Tak semua orang bisa menyelamatkan diri dan korban terkubur hidup-hidup. 

Sebanyak 1,7 juta orang terkena dampak erupsi tersebut. Para petugas telah meminta warga untuk menggunakan masker di empat provinsi di Guetamala.

Militer juga turun tangan. Mereka memberikan bantuan dan melaksanakan operasi penyelamatan, tentara juga membangun pusat penampungan sementara. Para prajurit juga membersihkan debu dari lapangan lepas landas di Guetamala City.

Berita Lainnya