sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

26 tahun tutup, Guatemala akan kembali buka kedubes di Jakarta

Kedubes Guatemala di Indonesia ditutup pada 1993 karena krisis ekonomi yang melanda negara Amerika Tengah itu.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 19 Jul 2019 09:22 WIB
26 tahun tutup, Guatemala akan kembali buka kedubes di Jakarta

Guatemala berencana untuk kembali membuka kedutaan besar mereka di Indonesia setelah sempat ditutup pada 1993 karena krisis ekonomi yang melanda negara itu.

Plt. juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah menyampaikan bahwa rencana pembukaan kembali Kedubes Guatemala di Jakarta akan didiskusikan dalam tatap muka Wakil Menteri Luar Negeri RI A. M. Fachir dengan Wakil Menteri Luar Negeri Guatemala Luis Fernando Carranza Cifuentes pada Jumat (19/7).

Menurutnya, keputusan Guatemala untuk kembali membuka kantor perwakilan diplomatik di Jakarta merupakan perkembangan positif terkait diplomasi Indonesia di ranah global.

"Artinya banyak negara yang semakin melihat arti penting Indonesia dalam konteks hubungan bilateral maupun dalam konteks peran kita di kawasan," jelas Faizasyah dalam konferensi pers di Kemlu RI, Jakarta, Kamis (18/7).

Faizasyah menuturkan, pembukaan kembali kedubes itu menunjukkan bahwa hubungan Indonesia dengan negara di berbagai kawasan terus berkembang dan meluas.

"Guatemala adalah negara yang berada di kawasan Amerika Tengah. Namun, dia melihat pertumbuhan ekonomi dunia ke depannya akan berpusat di Asia. Maka itu, penting bagi mereka untuk kembali membuka perwakilan di Jakarta," ungkapnya.

Lebih lanjut, Faizasyah menyatakan bahwa Indonesia berharap pembukaan kembali Kedubes Guatemala dapat segera direalisasikan.

"Semoga sebelum September tahun ini mereka sudah dapat menempatkan perwakilan diplomatik di Jakarta," kata dia.

Sponsored
Berita Lainnya