sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Amankan stok vaksin Covid-19, Menlu RI akan ke Inggris dan Swiss

Tujuan dari perjalanan tersebut adalah untuk mengamankan komitmen dari sumber lain untuk pengadaan vaksin Covid dalam kerangka kerja sama.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 12 Okt 2020 10:47 WIB
Amankan stok vaksin Covid-19, Menlu RI akan ke Inggris dan Swiss
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Menteri Luar Negeri  Retno Marsudi menyatakan, dirinya bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan tim dari Kementerian Kesehatan akan bertolak ke Inggris dan Swiss demi mengamankan komitmen kerja sama vaksin Covid-19.

"Sebentar lagi bersama dengan Menteri BUMN dan tim dari Kemenkes, saya akan berangkat menuju London, Inggris, dan kemudian dilanjutkan ke Bern dan Jenewa, Swiss," jelas Menlu Retno dalam pengarahan media secara virtual pada Senin (12/10).

Tujuan dari perjalanan tersebut adalah untuk mengamankan komitmen dari sumber lain untuk pengadaan vaksin Covid-19 dalam kerangka kerja sama vaksin bilateral.

Tujuan lain dari perjalanannya adalah untuk melakukan pertemuan dan diskusi dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Gavi, dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovationn (CEPI) dalam kerangka kerja COVAX Facilities untuk membahas kerja sama vaksin dalam konteks multilateral.

Sponsored

"Kemudian tujuan lain dari perjalanan ini adalah mendorong penguatan kerja sama untuk jangka menengah dan jangka panjang antara Bio Farma dan mitranya di luar negeri," lanjut Retno.

Selama perjalanan nanti, Menlu Retno juga akan mengadakan pertemuan dengan para mitranya di masing-masing negara, yakni Menlu Inggri dan Wakil Presiden Swiss.

Saat ini, Indonesia menjalin kerja sama dengan sejumlah negara atau pihak terkait pengadaan vaksin Covid-19. Salah satunya adalah dengan perusahaan medis asal China, Sinovac dan Sinopharm.

Berita Lainnya