sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

AS setop screening Covid-19 bagi penumpang internasional

Kebijakan diterapkan di bandara tertentu sejak kasus pertama dilaporkan, Januari 2020.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Jumat, 11 Sep 2020 12:23 WIB
AS setop <i>screening</i> Covid-19 bagi penumpang internasional
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengumumkan, pemerintah akan menghentikan penapisan (screening) ketat terhadap penumpang internasional saat pandemi coronavirus baru (Covid-19). Bakal dihapus mulai Senin (14/9) waktu setempat.

"Pemerintah Amerika Serikat berinovasi dan mengambil pendekatan baru untuk membantu menjaga kesehatan penumpang udara internasional," kata CDC dalam siaran pers, Rabu (9/9) waktu setempat.

Pemindaian dilakukan di bandara AS tertentu sejak Januari, ketika kasus pertama Covid-19 dilaporkan dari Wuhan, China. Pada Maret, penerbangan internasional yang masuk dari negara berisiko tinggi diarahkan ke 15 bandara yang ditunjuk.

Pemeriksaan kesehatan kini menyasar pendatang dari China Iran, beberapa negara di benua Eropa, Inggris, Irlandia, dan Brasil. Setibanya di AS, wisatawan dari wilayah yang ditentukan harus menjalani pemeriksaan kesehatan, yang mengukur suhu penumpang dan menjawab pertanyaan kesehatan Covid-19. 

"Kami sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang penularan Covid-19 yang menunjukkan penapisan berdasarkan gejala memiliki efektivitas yang terbatas karena orang dengan Covid-19 mungkin tidak memiliki gejala atau demam pada saat penapisan atau hanya gejala ringan," papar CDC.

CDC mengatakan, pihaknya mengubah strateginya untuk memprioritaskan langkah-langkah kesehatan masyarakat lainnya untuk mengurangi risiko penularan penyakit terkait perjalanan.

Pemerintah AS berencana memfokuskan upaya mitigasinya pada area lain, termasuk pendidikan kesehatan untuk penumpang, respons penyakit yang kuat di bandara, pengujian potensial, dan penilaian risiko pada negara tertentu untuk membantu penumpang membuat keputusan yang tepat tentang risiko perjalanan.

"Dengan memfokuskan kembali upaya mitigasi kami pada risiko penumpang individu sepanjang perjalanan perjalanan udara, pemerintah dapat melindungi kesehatan masyarakat Amerika dengan lebih efektif," kata siaran pers tersebut.

Sponsored

Penghapusan aturan tersebut diumumkan di tengah jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat. Hingga Kamis (10/9), AS mencatat hampir 6,4 juta kasus dan lebih dari 190.000 kematian. (FOX)

Berita Lainnya