sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Australia bantu wujudkan ambisi angkasa luar Trump

Mimpi ambisius Donald Trump dalam bidang angkasa luar adalah mencapai Mars.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 23 Sep 2019 17:03 WIB
Australia bantu wujudkan ambisi angkasa luar Trump
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Australia akan menginvestasikan 150 juta dolar Australia di sejumlah perusahaan dan teknologi untuk membantu upaya Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendarat di Bulan pada 2024 dan misi AS berikutnya ke Mars. Demikian disampaikan PM Scott Morrison pada Minggu (22/9).

Morrison, yang mengunjungi markas NASA di Washington, mengatakan rencana investasi lima tahun tersebut akan membantu mendukung teknologi automasi AS, membangun peralatan untuk pesawat angkasa luar dan memainkan peran dalam eksplorasi mineral.

"Kami mendukung misi ke Bulan, bahkan ke Mars," kata Morrison.

Pengumuman Morrison tersebut muncul setelah PM Australia itu melakukan kunjungan kenegaraan ke Gedung Putih pada Jumat (20/9). Dia berjalan di atas karpet merah, menandai relasi yang kuat di antara Washington dan Canberra setelah sempat tegang akibat China.

Sponsored

Investasi ini merupakan bagian dari rencana Australia yang lebih luas untuk memajukan bidang antariksa. Morrison menuturkan bahwa pemerintah ingin melipatgandakan nilai sektor ini menjadi 12 miliar dolar Australia dan menciptakan sekitar 20.000 pekerjaan tambahan pada 2030.

Trump, ketika ditanya ditanya dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa fokusnya adalah Mars.

"Bulan sebenarnya adalah landasan peluncuran. Itu sebabnya kami ke Bulan. Saya sampaikan, 'Hai, kita sudah ke Bulan. Tidak terlalu menarik'. Mereka mengatakan, 'Tidak, pak, kali ini sebagai landasan peluncuran ke Mars'. Jadi, kita akan ke Bulan tapi yang utamanya kita akan ke Mars," kata Trump.

Sumber : Reuters

Berita Lainnya