sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Australia serukan penyelidikan, RI: Fokus tangani Covid-19

PM Australia Scott Morrison menegaskan bahwa seruan untuk menggelar penyelidikan independen bukanlah upaya untuk mengkritik China.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 29 Apr 2020 18:58 WIB
Australia serukan penyelidikan, RI: Fokus tangani Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Australia menyerukan penyelidikan independen tentang asal-usul coronavirus jenis baru. Terkait posisi Indonesia terhadap seruan tersebut, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan bahwa untuk sekarang pemerintah akan fokus menangani penyebaran virus dan dampaknya di dalam negeri.

Menlu Retno mengaku telah membicarakan persoalan seruan penyelidikan independen itu dengan Menlu Australia Marise Payne pada 22 April.

Pada saat itu, Retno menyampaikan bahwa Indonesia memantau posisi Australia terkait seruan pembentukan penyelidikan secara independen mengenai asal-usul Covid-19.

"Namun, saya sampaikan bahwa saat ini Indonesia akan berkonsentrasi untuk menangani coronavirus jenis baru dan dampaknya terhadap kondisi sosial dan ekonomi," jelas Menlu Retno dalam pengarahan media secara virtual pada Rabu (29/4).

Sponsored

Covid-19, yang dipicu oleh virus SARS-CoV-2, pertama kali muncul di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, China, pada akhir 2019 dan telah menginfeksi lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia.

Reuters melaporkan, pada Rabu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menegaskan bahwa seruannya bukanlah upaya untuk mengkritik China.

Berita Lainnya