sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bakal cawapres AS ini ternyata pernah tinggal di Jakarta

Tammy Duckworth sempat habiskan masa kecilnya di Jakarta.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 10 Agst 2020 18:37 WIB
Bakal cawapres AS ini ternyata pernah tinggal di Jakarta
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 252923
Dirawat 58788
Meninggal 9837
Sembuh 184298

Ladda Tammy Duckworth (52), senator junior Partai Demokrat untuk Illinois, muncul sebagai salah satu politikus Asia-Amerika paling terkemuka. Nama senator asal Illinois tersebut dikabarkan tercantum dalam daftar bakal calon wakil presiden (Cawapres) Joe Biden dalam Pilpres AS pada November 2020.

Lahir di Bangkok pada tahun 1968, Duckworth dan kisah hidupnya telah menginspirasi banyak orang. Dia tidak akan pernah melupakan sore hari pada 12 November 2004, ketika tembakan dari darat mengenai sisi kanan helikopter Black Hawk yang dikendarainya di Irak sebagai kapten di Pengawal Nasional Illinois.

Akibat serangan itu, helikopter yang dia kendarai jatuh dan dia kehilangan kedua kakinya. Dia berterima kasih kepada rekan-rekannya karena menyelamatkan hidupnya pada 2004.

Menjadi anggota cadangan Angkatan Darat sejak 1992, pilot berusia 36 tahun itu menghentikan studi doktoralnya terkait kebijakan Asia Tenggara dan pekerjaan dengan Rotary International untuk bertugas di Irak.Setelah pensiun dari militer, Duckworth mencoba peruntungan di dunia politik. Dia terpilih sebagai anggota kongres pada 2012 dan memenangkan kursi senat pada 2016.

Jika terpilih sebagai salah satu calon wakil presiden untuk Pilpres 2020, Duckworth akan menjadi wanita Asia-Amerika pertama yang meraih posisi tersebut.

Banyak Demokrat percaya bahwa catatan militer Duckworth, serta latar belakangnya sebagai orang Asia-Amerika, akan memperkuat pencalonan Biden.

Jika Biden memilhnya sebagai cawapres, dia dinilai akan membantu menopang dukungan dari para veteran militer, minoritas, dan wanita.

Namun, di sisi lain, banyak yang percaya bahwa Biden harus memilih cawapres Afrika-Amerika yakni Senator Kamala Harris.

Sponsored

Pilihan cawapres bagi Biden menjadi isu penting bagi kubu Demokrat. Pasalnya, Biden berusia 77 tahun, dan jika dia terpilih, dia akan berusia 82 tahun pada akhir masa jabatannya. Artinya, orang yang menjabat sebagai wakil presidennya kelak bisa menjadi Presiden AS.

Duckworth, terkenal sebagai politikus yang sering mengangkat isu veteran perang. Selain itu, dia telah terlibat dalam proses pembuatan kebijakan perawatan kesehatan dan kerap bersuara tentang keamanan nasional.

Kisah hidupnya pun dianggap menarik dan tidak biasa. Dia dan suaminya, Bryan Bowlsbey, memiliki dua anak perempuan, Abigail dan Maile Pearl. Duckworth adalah perempuan pertama yang melahirkan saat menjabat sebagai senator AS.

Ayah Duckworth, Frank, adalah seorang warga AS yang bekerja untuk PBB. Sementara itu, ibunya, Lamai, berasal dari Thailand.

Duckworth tinggal bersama orang tuanya di Singapura, Indonesia, dan Kamboja karena pekerjaan ayahnya di PBB. 

Dia sempat menghabiskan masa kecil di Jakarta dan bersekolah di Jakarta International School. Duckworth dikabarkan sering mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah dengan teman-temannya dan hingga kini dia masih dapat berbicara sedikit Bahasa Indonesia. (CNN, Nikkei, dan BBC)

Berita Lainnya
×
img