sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Beijing alami lonjakan kasus infeksi Covid-19

Beijing mulai menjalankan uji Covid-19 secara massal pada Minggu (14/6), menguji total 76.499 orang.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 15 Jun 2020 13:38 WIB
Beijing alami lonjakan kasus infeksi Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 115056
Dirawat 37618
Meninggal 5388
Sembuh 72050

Untuk hari kedua berturut-turut, pada Senin (15/6), Beijing melaporkan lonjakan kasus baru infeksi Covid-19. Hal tersebut menambah urgensi untuk mengendalikan potensi gelombang kedua pandemik di China.

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) pada Senin mencatat 49 kasus infeksi baru, termasuk 10 kasus impor.

Sejauh ini, Negeri Tirai Bambu melaporkan 83.181 kasus positif coronavirus jenis baru, termasuk 4.634 kematian dan 78.370 pasien yang dinyatakan sembuh.

Klaster penularan terbaru terdeteksi di Xinfadi, pasar grosir makanan yang menyumbang 80% dari pasokan produk pertanian Beijing.

Pasar tersebut telah ditutup, puluhan ribu penduduk yang tinggal di sekitarnya sudah menjalani tes Covid-19, dan otoritas kesehatan telah melakukan penelusuran jejak infeksi bagi orang-orang yang baru-baru ini mengunjungi Xinfadi.

"Risiko penyebaran pandemik sangat tinggi jadi kita harus mengambil langkah tegas," kata juru bicara Pemerintah Kota Beijing Xu Heijang dalam sebuah konferensi pers.

Xinfadi merupakan sebuah kompleks pasar dengan area seluas hampir 160 lapangan sepak bola. Pasar tersebut 20 kali lebih besar dari pasar makanan laut di Kota Wuhan, tempat Covid-19 pertama kali terdeteksi. Ribuan ton sayuran, buah-buahan, dan daging diperdagangkan di Xinfadi setiap harinya.

Selain di area sekitar Xinfadi, sejumlah lingkungan di barat dan barat daya Ibu Kota Beijing telah dikategorikan sebagai wilayah yang berisiko mengalami lonjakan transmisi coronavirus jenis baru.

Sponsored

Beijing mulai menjalankan uji Covid-19 secara massal pada Minggu (14/6), menguji total 76.499 orang.

Klaster infeksi baru di Bejing mendorong sejumlah pemerintah kota dan provinsi untuk melarang penduduk mereka melakukan perjalanan ke ibu kota. Mereka juga meminta warga yang baru datang dari Beijing untuk melakukan karantina mandiri atau tes Covid-19.

Provinsi Liaoning dan Hebei telah melaporkan sejumlah kasus infeksi yang terkait dengan pendatang dari Beijing.

Sumber : Reuters

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Ada Mbah Dukun sedang jualan di medsos...

Minggu, 02 Agst 2020 16:26 WIB
Berita Lainnya