sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Biden akan fokus kampanye tanggapan coronavirus 

Biden akan terus mengangkat kasus itu selama 30 hari sisa kampanye.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Senin, 05 Okt 2020 13:30 WIB
Biden akan fokus kampanye tanggapan coronavirus 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjalani perawatan untuk Covid-19, penantangnya, Joe Biden akan fokus dalam tanggapan negara terhadap pandemi Covid-19 pada kapanyenya sebelum pemilihan 3 November.

Biden yang dinyatakan negatif pada Jumat (2/10), tiga hari setelah debat dengan Trump, berulang kali berharap presiden cepat pulih. 

Namun, mantan wakil presiden ini dan para pembantunya telah menggunakan tes positif dari saingannya dari Partai Republik untuk menggarisbawahi pesan kampanye yang konsisten, yaitu Biden akan menangani pandemi lebih baik daripada Trump.

Wakil Manajer Kampanye Kate Bedingfield, pada Minggu (4/10) mengatakan, Biden akan terus mengangkat kasus itu selama 30 hari sisa kampanye.

"Ini adalah pilihan antara dua gaya kepemimpinan yang berbeda dan sejak virus datang ke pantai kami pada musim semi, Joe Biden telah memimpin dengan memberi contoh," katanya kepada ABC, seraya mengutip penggunaan masker, jarak sosial, dan batasan kampanye dalam jumlah orang di acara kampanye.

Ahli strategi Demokrat dan pendiri Komite Pelatihan Demokratik Nasional, Kelly Dietrich, mengatakan para pemilih dapat menilai dengan kasar pendekatan yang terus meremehkan keseriusan virus.

Hitungan polling oleh Reuters/Ipsos yang diambil pada Jumat dan Sabtu setelah presiden dinyatakan positif mengidap coronavirus menemukan, Biden memimpin dari Trump dengan 10 poin persentase secara nasional dan bahwa hampir dua pertiga orang Amerika berpikir bahwa Trump mungkin tidak akan terinfeksi jika dia menganggap virus lebih serius.

Kini, Amerika Serikat telah mencatat 7,4 juta infeksi virus corona dan lebih dari 209.000 kematian akibat pandemi, lebih tinggi dari negara lain mana pun. 

Sponsored

Namun sejarawan di Rutgers University David Greenberg mengatakan, Biden tidak perlu berbuat banyak untuk mendapatkan keuntungan dari diagnosis Trump, karena banyak orang Amerika telah memandang pendekatan Trump terhadap virus sebagai orang yang angkuh.

"Mereka akan lebih memikirkannya sekarang, jadi menurutku Biden tidak perlu terlalu memaksakan diri," katanya.

Masih belum pasti kapan Trump akan kembali ke jalur kampanye, dan apakah dapat berpartisipasi dalam debat presiden kedua pada 15 Oktober.

Tim kampanye Trump mengatakan pada Sabtu (3/10) Wakil Presiden Mike Pence dan putra tertua Trump Donald Jr dan Eric, akan mengambil alih kampanye secara langsung minggu ini.

Pence yang dinyatakan negatif pada hari Jumat, dijadwalkan untuk berdebat dengan calon wakil presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris pada Rabu (7/10).

 

Sumber: Global News

Berita Lainnya