sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Biden akan umumkan anggota kabinet pada Selasa

Trump bersikukuh menolak mengakui hasil Pilpres 2020.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 23 Nov 2020 22:47 WIB
Biden akan umumkan anggota kabinet pada Selasa
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, diperkirakan akan menunjuk anggota-anggota pertama kabinetnya pada Selasa (24/11).

Banyak yang berspekulasi, mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Antony Blinken, bakal menjadi pilihan Biden untuk memimpin Kementerian Luar Negeri AS.

Blinken memiliki hubungan dekat dengan setelah bertugas dalam peran keamanan nasional tingkat tinggi saat Biden menjadi wakil presiden selama masa pemerintahan Barack Obama.

Selain Blinken, Linda Thomas-Greenfield juga diperkirakan bergabung sebagai Duta Besar AS untuk PBB serta Jake Sullivan sebagai Penasihat Keamanan Nasional.

Sementara Biden sedang bersiap menjalani masa transisi kepresidenan, Donald Trump tetap menolak mengakui hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2020. Justru melayangkan tuntutan hukum demi mendapatkan penghitungan ulang surat suara.

Namun, perjuangan Trump lewat jalur hukum sejauh ini tidak membuahkan hasil. Tim kampanyenya telah menarik 34 tuntutan hukum yang mengklaim pemalsuan atau penipuan dalam proses penghitungan suara di sejumlah negara bagian.

Tim hukum Trump mengajukan banding pada Minggu (22/11) setelah kekalahan terbaru dalam pengadilan yang terjadi pada Sabtu (21/11) di Pennsylvania, di mana Biden unggul dengan selisih 81.000 suara.

Hakim Distrik AS, Matthew Brann, menyatakan, tim kampanye Trump membawa argumen hukum tanpa alasan dan dengan tuduhan bersifat spekulatif.

Sponsored

Terlepas dari tuntutan hukumnya, Trump menolak mengizinkan pemerintahannya bekerja sama dengan Biden dalam proses transisi kekuasaan.

Ajudan Biden, Ron Klain, menegur Emily Murphy, Kepala Administrasi Layanan Umum (GSA) yang ditunjuk Trump, karena sejauh ini menolak memastikan Biden sebagai pemenang pilpres sehingga dana federal dapat disediakan untuk transisi kekuasaan pemerintah.

"Saya berharap kepala GSA akan melakukan tugasnya," kata Klain, mengacu pada Murphy.

Klain mengatakan, upaya Trump menolak hasil pilpres adalah aib yang bukan merupakan norma demokrasi AS. (Voice of America)

Berita Lainnya
×
img