sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

California berlakukan keadaan darurat kebakaran hutan

Kebakaran hutan di California memaksa ribuan orang mengungsi.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 07 Sep 2020 22:00 WIB
California berlakukan keadaan darurat kebakaran hutan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Gubernur California Gavin Newsom mendeklarasikan keadaan darurat di lima wilayah, Minggu (6/9) malam, menyusul kebakaran hutan yang melanda negara bagian tersebut.

Keadaan darurat tersebut meliputi wilayah Freson, Madera, dan Mariposa yang dilanda kebaran Creek Fire. Selain itu, keadaan darurat juga berlaku bagi San Bernardino dan San Diego di mana terjadi kebakaran lainnya, El Dorado Fire dan Valley Fire.

Tiga titik api besar tersebut melahap puluhan ribu hektar hutan, menghancurkan rumah, dan memaksa ribuan penduduk mengungsi.

Otoritas setempat menyatakan bahwa lebakaran hutan tersebut dipicu oleh suhu tinggi dan udara yang kering. Api pertama kali terlihat di lokasi perkemahan, Mammoth Pool Reservoir, di Maderas County.

Lebih dari 200 orang diangkut dari lokasi perkemahan dengan menggunakan Helikopter Chinook dan Blackhawk.

Operasi penyelamatan dimulai pada Sabtu (5/9) malam dan selesai sekitar Minggu dini hari. Kru penyelamat memutuskan untuk memuat sebanyak mungkin orang ke dalam helikopter pada putaran kedua ke lokasi perkemahan karena kondisi cuaca memburuk.

"Pada putaran kedua, para petugas penyelamat berupaya untuk mengeluarkan semua orang, mengamankan apa yang dapat diselamatkan, hingga kemudian semua orang akhirnya duduk di lantai," tutur David Hall dari Pengawal Nasional California dalam konferensi pers pada Minggu.

Creek Fire di Pegunungan Sierra Nevada telah membakar 45.500 hektare dan masih belum dapat dikendalikan pada Senin (7/9) pagi waktu setempat. Kebakaran bermula pada Jumat malam, timur laut Danau Shaver. Penyebabnya masih diselidiki.

Sponsored

Sementara itu, Valley Fire di San Diego yang dimulai pada Sabtu, telah membakar lebih dari 9.800 hektare tanah. Sebelas bangunan hancur dalam kebakaran tersebut dan pihak berwenang sedang mengevakuasi warga setempat.

Di San Bernardino, El Dorado Fire telah menghanguskan 7.050 hektare. Menurut pihak berwenang setempat, 5% dari kebakaran tersebut berhasil dikendalikan. (CNN)

Berita Lainnya