sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

China catat 7 kasus baru infeksi Covid-19

Secara total, China daratan mencatat 82.954 kasus positif Covid-19.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 18 Mei 2020 15:04 WIB
 China catat 7 kasus baru infeksi Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 26473
Dirawat 17552
Meninggal 1613
Sembuh 7308

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) pada Senin (18/5) melaporkan bahwa per Minggu (17/5), China daratan mencatat tujuh kasus baru infeksi Covid-19.

Dari tujuh kasus baru, empat di antaranya adalah kasus impor dan sisanya diidentifikasi sebagai transmisi lokal yang terdeteksi di Provinsi Jilin dan Shanghai.

Menurut NHC, tidak ada kematian terkait coronavirus jenis baru yang dilaporkan pada Minggu.

Secara total, China daratan mencatat 82.954 kasus positif Covid-19, termasuk 4.634 kematian dan 78.238 pasien yang telah dipulangkan dari rumah sakit setelah pulih.

Adapun 18 kasus tanpa gejala baru dilaporkan pada Minggu. NHC menyatakan, saat ini pasien tanpa gejala yang berada dalam pengamatan medis menjadi 448, di mana 31 di antaranya adalah kasus impor.

China daratan tidak mencantumkan orang yang dites positif tetapi tidak menunjukkan gejala klinis, seperti demam dan batuk, dalam penghitungan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi.

Kehidupan di China perlahan-lahan kembali normal setelah pihak berwenang berhasil mengekang sebagian besar penyebaran virus. Pelonggaran pembatasan sosial memungkinkan sejumlah sekolah dan pabrik di seluruh negeri kembali beroperasi.

Meski keadaan mulai membaik, penasihat medis senior pemerintah China, Zhong Nanshan, memperingatkan agar pihak berwenang tidak berpuas diri. Dia menilai, Tiongkok berpotensi menghadapi gelombang kedua infeksi Covid-19.

Sponsored

"Mayoritas warga China saat ini masih rentan terhadap infeksi coronavirus jenis baru," kata Zhong. "Sama seperti negara-negara lainnya, China saat ini pun masih menghadapi tantangan yang besar." (Xinhua dan CNN)

Berita Lainnya