sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

China masih tutup pasar seafood yang diduga asal-usul Covid-19

Kasus Covid-19 pertama dilaporkan terjadi di Wuhan, China, pada Desember 2019.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Minggu, 06 Sep 2020 15:22 WIB
China masih tutup pasar <i>seafood</i> yang diduga asal-usul Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Pasar boga bahari (seafood) Huanan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, yang diyakini banyak orang sebagai asal mula pandemi coronavirus baru (Covid-19), ditutup dengan pagar pembatas biru. Sebuah tim besar dari staf keamanan mengusir siapa pun yang datang.

"Kami hanya melakukan pekerjaan kami," kata seorang penjaga berpakaian hitam yang memerintahkan reporter Reuters menghapus rekaman yang direkam di dekat gerbang utama pasar.

Petugas itu menyebut dirinya sebagai anggota tim pencegahan dan pengendalian epidemi pemerintah kota.

Jurnalis asing telah diundang dalam tur resmi untuk melaporkan upaya Wuhan membangun kembali ekonominya setelah trauma Covid-19 selama berbulan-bulan. 

Pesan resmi dari tur tersebut, "kota heroik" telah kembali normal dan kembali berbisnis, sekolah dan lokasi wisatanya dibuka kembali dan perusahaannya berjalan dengan lancar.

"Tidak ada tempat lain yang seaman ini," kata Lin Songtian, Presiden Asosiasi Rakyat China untuk Persahabatan dengan Negara Asing, sebuah kelompok yang didukung negara yang membantu mengatur tur tersebut.

Namun, Pemerintah Wuhan tetap enggan memberikan penjelasan tentang asal-usul patogen yang telah menewaskan hampir 900.000 orang di seluruh dunia.

Kota tersebut masih membatasi akses ke lokasi seperti pasar Huanan, yang terkait dengan kelompok infeksi pertama yang diidentifikasi pada Desember 2019.

Sponsored

Di pasar grosir lain di ujung utara kota, yang terbuka untuk umum, reporter Reuters dibuntuti staf keamanan dan dilarang berbicara dengan pemilik kios dan pedagang. (Reuters)

Berita Lainnya