sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

China usir kapal perang AS yang lewati LCS

Peristiwa tersebut terjadi hanya satu hari setelah kapal induk buatan China, Shandong, memasuki LCS untuk latihan.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 23 Des 2020 19:32 WIB
China usir kapal perang AS yang lewati LCS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Southern Theatre Command Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) pada Selasa (22/12) memperingatkan kapal perang Amerika Serikat (AS) yang melintasi Laut China Selatan (LCS).

Analis menyatakan, PLA tengah berupaya menunjukkan kendali atas wilayah tersebut dan kemampuannya untuk menjaga kedaulatan serta keamanan nasional.

Kapal perusak AS, USS John S. McCain, dinilai masuk tanpa izin ke perairan dekat Kepulauan Nansha, China, tanpa izin dari pemerintah Tiongkok.

Untuk itu, juru bicara di PLA Southern Theatre Command, Kolonel Senior Tian Junli menyatakan, bahwa militer China memperingatkan serta mengusirnya kapal milik AS.

Peristiwa tersebut terjadi hanya satu hari setelah kapal induk buatan China, Shandong, memasuki LCS untuk latihan.

Menurut militer Tiongkok, tindakan AS merupakan pelanggaran serius terhadap kedaulatan dan keamanan China, serta sangat mengganggu perdamaian dan stabilitas di LCS.

Tian ​​mencatat, pasukan komando selalu waspada setiap saat dan akan mengambil tindakan tegas bila terjadi pelanggaran kedaulatan atau keamanan nasional.

Dia menambahkan, PLA akan menjalankan tugas serta misinya untuk menjaga kedaulatan keamanan nasional, perdamaian, dan stabilitas di kawasan.

Sponsored

Operasi "kebebasan navigasi" AS di LCS telah menjadi rutinitas sejak 2017.

Menurut pakar studi LCS, Chen Xiangmiao, dengan melakukan operasi tersebut sekarang, pemerintahan Donald Trump menggunakan bulan terakhirnya menjabat untuk menimbulkan lebih banyak isu terkait hubungan Washington-Beijing bagi presiden terpilih, Joe Biden.

AS telah melakukan operasi serupa sembilan kali sejauh ini pada 2020, paling intens dalam lima tahun terakhir.

Pada awal pekan, Angkatan Laut PLA mengumumkan bahwa kelompok kapal induk Shandong pada Minggu berlayar melalui Selat Taiwan dan memasuki LCS untuk melakukan latihan.

Chen mengatakan bahwa masih belum pasti apakah pelanggaran kapal perang AS terkait dengan latihan Shandong, tetapi tidak diragukan lagi bahwa kapal perang AS datang untuk memprovokasi China. (Global Times)

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya