sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Covid-19: Inggris tawarkan opsi suntikan vaksin ketiga

Setiap orang yang berusia di atas 50 tahun di Inggris akan ditawarkan mendapatkan suntikan vaksinasi ketiga Covid-19 pada musim gugur.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 06 Mei 2021 11:57 WIB
Covid-19: Inggris tawarkan opsi suntikan vaksin ketiga

Setiap orang yang berusia di atas 50 tahun di Inggris akan ditawarkan mendapatkan suntikan vaksinasi ketiga Covid-19 pada musim gugur.

Surat kabar lokal, The Times, melaporkan bahwa langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk memberantas ancaman lonjakan kasus sebelum Natal 2021. Selain itu, uji coba penyuntikan dosis ketiga ini dinilai dapat memberikan kekebalan tubuh lebih terhadap varian baru Covid-19 yang berasal dari Brasil dan Afrika Selatan.

Menurut laporan surat kabar itu, uji coba dua opsi sedang berlangsung dan diawasi oleh kepala petugas medis Inggris, Chris Witty.

Opsi pertama melibatkan vaksin yang secara khusus dimodifikasi untuk menangani varian baru. Sementara itu, opsi kedua adalah untuk suntikan dosis ketiga dari salah satu dari tiga versi yang sudah digunakan yakni vaksin milik Pfizer-BioNTech, Oxford-AstraZeneca, atau Moderna.

Menurut data pemerintah pada Selasa (4/5), lebih dari 34,6 juta orang di Inggris telah menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19.

Inggris, yang memiliki populasi 67 juta, memiliki kesepakatan untuk menerima lebih dari 510 juta dosis dari delapan vaksin Covid-19 yang berbeda, beberapa di antaranya masih dalam tahap pengembangan.

Menteri Kesehatan Matt Hancock mengatakan pekan lalu bahwa Inggris akan membeli 60 juta lebih dosis vaksin Pfizer-BioNTech dalam kesepakatan yang menggandakan pasokan vaksin Covid-19 negara itu sebelum akhir tahun ini.

Hingga kini, Inggris telah memesan total 100 juta dosis vaksin Pfizer, satu dari tiga suntikan Covid-19 sedang digunakan dalam program vaksinasi nasional di negara itu.

Sponsored


Sumber : The Straits Times

Berita Lainnya