logo alinea.id logo alinea.id

Demokrat dan Republik capai kesepakatan untuk cegah shutdown

Jika tidak tercapai kesepakatan antara Demokrat dan Republik maka AS terancam mengalami shutdown pada Jumat (15/2) tengah malam.

Khairisa Ferida
| Khairisa Ferida Selasa, 12 Feb 2019 10:33 WIB
Demokrat dan Republik capai kesepakatan untuk cegah shutdown

Politikus Demokrat dan Republik di Kongres Amerika Serikat pada Senin (11/2) malam mengumumkan, mereka telah mencapai kesepakatan untuk menghindari government shutdown atau penutupan pemerintahan ketika pendanaan pemerintah berdasarkan kesepakatan sementara berakhir pada Jumat (15/2) tengah malam.

Namun, rincian kesepakatan yang diawali dengan negosiasi intensif tentang pendanaan untuk dinding perbatasan AS-Meksiko itu belum diungkapkan. Ketika ditanya apakah itu termasuk dana bagi penghalang dan resolusi atas pembatasan penahanan imigran tidak berdokumen, Senator Republik Richard Shelby yang merupakan salah satu negosiator mengatakan, "Kami mencapai kesepakatan tentang itu semua."

Para negosiator berusaha mencapai kesepakatan untuk mendanai sembilan lembaga pemerintahan yang ditutup selama 35 hari pada Desember dan Januari. Bagaimana pun, kesepakatan tersebut membutuhkan tanda tangan Donald Trump untuk mencegah shutdown.

Negosiasi diwarnai 'kemacetan' pada Minggu (10/2) atas ketidaksepakatan tentang jumlah maksimum imigran tidak berdokumen yang mungkin ditahan pada satu waktu. 

Tuntutan Trump atas pendanaan bagi dinding perbatasan AS-Meksiko telah menempatkan keamanan perbatasan di pusat negosiasi demi menjaga pemerintah tetap terbuka.

Shutdown terakhir, yang terpanjang dalam sejarah Negeri Paman Sam, dimulai pada pertengahan Desember ketika Trump menolak paket anggaran yang tidak memuat dana US$5,7 miliar untuk pembangunan dinding perbatasan.

Kubu Demokrat sejauh ini konsisten menentang pendanaan dinding perbatasan dengan mengatakan bahwa isu terkait imigran tidak berdokumen adalah keadaan darurat yang dibuat-buat. Mereka menilai bahwa uang untuk keamanan perbatasan lebih baik didedikasikan bagi teknologi tambahan, personel, serta tindakan penegakan hukum lainnya.

Menurut Congressional Budget Office, shutdown terakhir memicu kerugian US$11 miliar dan mengurangi perkiraan pertumbuhan nyaris setengah persen. Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan Trump untuk mendapatkan pendanaan dinding perbatasan.

Sponsored

Di kerumunan massa pendukungnya di El Paso, Texas, pada Senin malam, dia kembali meyakinkan orang-orang tentang perlunya dinding perbatasan.

Para negosiator yang bekerja di Washington pada Senin termasuk empat dari kubu Demokrat dan empat dari Republik. Mereka adalah bagian dari kelompok lebih besar yang beranggotakan 17 anggota Kongres yang ditugaskan untuk mencari kesepakatan pasca-shutdown berakhir.

Sejumlah sumber di kongres mengatakan, satu titik penting dalam negosiasi adalah penolakan Republikan atas batasan jumlah imigran tidak berdokumen yang mungkin ditahan di pusat-pusat penahanan yang dijalankan oleh Layanan Imigrasi dan Naturalisasi.

Dari sisi Demokrat mengatakan, tanpa pembatasan pemerintahan Trump dapat mengeksploitasi penangkapan hingga jumlah tahanan yang tidak terbatas. (The Guardian dan CNN)