logo alinea.id logo alinea.id

Dua miliarder Prancis sumbang US$339 juta untuk perbaikan Notre-Dame

Kedua miliarder itu adalah Bernard Arnault dan Francois Pinault.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 16 Apr 2019 18:05 WIB
Dua miliarder Prancis sumbang US$339 juta untuk perbaikan Notre-Dame

Dua miliarder pemilik sejumlah merek mewah asal Prancis berjanji akan mendonasikan total US$339 juta untuk membantu rekonstruksi Notre-Dame setelah katedral itu dilanda kebakaran hebat.

LVMH Group yang membawahi sejumlah merek papan atas seperti Louis Vuitton, Christian Dior, dan Givenchy, pada Selasa (16/4) menyatakan bahwa perusahaan bersama dengan keluarga dari CEO LVHM Bernard Arnault akan menyumbang US$226 juta.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan itu menuturkan bahwa donasi tersebut mereka berikan sebagai bentuk solidaritas atas tragedi nasional itu. Dana itu akan digunakan untuk membangun kembali katedral yang merupakan warisan budaya dan simbol persatuan Prancis itu.

LVMH juga akan menyediakan tim kreatif dan tim keuangannya untuk membantu menggalang dana untuk reparasi.

Selain Arnault, keluarga dari Francois Pinault, pemilik Gucci dan Yves Saint Laurent, juga berjanji akan mendonasikan US$113 juta.

Putra Pinault, Francois-Henri Pinault, yang menjabat sebagai CEO Grup Artemis, menyebut kebakaran besar di Katedral Notre-Dame itu sebagai sebuah tragedi.

"Tragedi ini berlaku bagi semua warga Prancis, dan mengenai semua yang melekat pada nilai-nilai spiritual yang dimiliki katedral tersebut," ujarnya dalam sebuah pernyataan. "Semua orang ingin agar warisan ini kembali hidup sesegera mungkin."

Kebakaran di Notre-Dame pada Senin (15/4) menghanguskan sebagian besar bangunan berusia 850 tahun itu, termasuk puncak menara ikonik dan sejumlah kaca patri di dalamnya.

Sponsored

Petugas pemadam kebakaran Paris berhasil memadamkan api setelah sembilan jam berkobar.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah bersumpah untuk membangun kembali situs itu. Pada Senin dia menyatakan Prancis akan meluncurkan kampanye penggalangan dana secara internasional untuk membantu upaya rekonstruksi Katedral Notre-Dame.

Janji donasi awal dari dua keluarga miliarder itu dinilai dapat membantu jalannya penggalangan dana tersebut.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Arnault merupakan orang terkaya ketiga di dunia. Kekayaan bersihnya mencapai US$90,4 miliar, melebihi Warren Buffet atau Mark Zuckerburg.

Sedangkan kekayaan keluarga Pinault diperkirakan bernilai sekitar US$37,3 miliar. Francois-Henri Pinault, yang mengelola bisnis keluarga, menikah dengan aktris ternama Salma Hayek sejak 2009.