logo alinea.id logo alinea.id

Dubes Swedia untuk China dalam penyelidikan internal

Penyelidikan terhadal Dubes Lindstedt memiliki kaitan dengan kasus Gui Minhai, penerbit buku kewarganegaraan Swedia yang ditahan di China.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Kamis, 14 Feb 2019 16:54 WIB
Dubes Swedia untuk China dalam penyelidikan internal

Kedutaan Besar Swedia di China mengatakan bahwa duta besar mereka tengah dalam penyelidikan internal. Disebutkan bahwa Duta Besar Anna Lindstedt telah kembali ke Stockholm untuk bertemu dengan para pejabat dari Kementerian Urusan Luar Negeri.

Pihak Kedubes Swedia menegaskan bahwa Dubes Lindstedt tidak sedang dalam penyelidikan kriminal. Lindstedt meninggalkan Beijing pada Rabu, selebihnya mereka menolak untuk merinci.

Kepulangan Lindstedt terjadi setelah muncul laporan bahwa dia terlibat dalam pengaturan pertemuan antara putri Gui Minhai dan pengusaha China.

Angela Gui, putri dari penerbit buku Swedia yang ditahan, Gui Minhai, pada Rabu (13/2) mengatakan Lindstedt telah membantu mengatur pertemuannya dengan pengusaha China dalam upaya mengamankan pembebasan sang ayah dari penjara di Tiongkok. Menurut Angela, dia diminta untuk merahasiakan hal itu.

Sponsored

Perempuan itu menolak untuk diam dan menuduh pengusaha itu manipulatif. Angela Gui mengklaim bahwa pertemuan yang melibatkan Lindstedt terjadi tanpa sepengetahuan Kementerian Luar Negeri Swedia.

Gui Minhai lahir di Tiongkok, namun memiliki kewarganegaraan Swedia dan berbasis di Hong Kong. Dia mengelola sebuah perusahaan penerbit di Hong Kong yang memiliki spesialisasi pada gosip-gosip politik tingkat tinggi di China. (AFP dan South China Morning Post)