sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Duka dunia atas kepergian BJ Habibie

BJ Habibie akan dimakamkan di TMPN Kalibata pada Kamis (12/9), tepat di samping makam istrinya, Ainun Besari.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 12 Sep 2019 10:56 WIB
Duka dunia atas kepergian BJ Habibie

Sejumlah perwakilan negara sahabat menyampaikan ucapan dukacita atas kepergian presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, pada Rabu (11/9). Habibie menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September.

Saat wafat, pria berusia 83 tahun itu ditemani oleh keluarga, termasuk kedua anak dan cucu-cucunya.

Kedutaan Besar Jerman di Jakarta dalam twitnya menyatakan bahwa Habibie telah luar biasa berjasa bagi Indonesia dan persahabatan antara Indonesia-Jerman.

"Belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan ... Rasa terima kasih kami yang abadi," tulis Kedubes Jerman.

Habibie memiliki latar belakang pendidikan dan karier di Jerman serta dikenal dekat dengan sejumlah tokoh besar negara itu, termasuk mantan Kanselir Helmut Schmidt. Habibie sempat berkarier di perusahaan dirgantara Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB) di Hamburg. Dia kembali ke Indonesia pada 1973 atas permintaan Presiden Soeharto.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom juga menyampaikan ungkapan belasungkawa.

"Atas nama rakyat Korea Selatan, saya menyampaikan belasungkawa dan simpati mendalam atas meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie. Prestasi dan warisannya untuk Indonesia akan diingat," twit Dubes Kim Chang-beom.

Sponsored

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Jonathan Austin mengucapkan dukacita seraya menyinggung kebijakan Habibie soal Timor Timur (kini Timor Leste).

"Turut berduka mendengar wafatnya mantan Presiden BJ Habibie, yang mengawasi tahap pertama kembalinya Indonesia kepada demokrasi dan memiliki keberanian untuk membiarkan warga Timor Leste memilih masa depan mereka," twit Austin.

Melalui Twitter, Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns mengucapkan, "Selamat jalan, Pak Habibie." 

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan mengatakan bahwa pemerintah dan rakyat Negeri Paman Sam turut berduka atas meninggalnya Habibie.

Dilansir dari Antara, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan, "Saya ingin menyampaikan rasa dukacita mendalam kepada keluarga Pak Habibie dan juga rakyat Indonesia atas kepergian beliau."

Lyudmila menyebut Habibie sebagai tokoh Indonesia yang sangat dikenal di Rusia. "Saya hanya pernah bertemu satu kali dengan Pak Habibie, tetapi sudah meninggalkan kesan bahwa beliau adalah seorang yang sangat bijaksana dan toleran."

Melalui unggahan di Facebook, Kedutaan Besar Singapura di Jakarta menyatakan bahwa Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean telah melayat ke kediaman Habibie pada Rabu.

"Menteri Teo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Habibie. Saat ini, Menteri Teo sedang melakukan kunjungan kerja ke Jakarta dari 11-12 September," jelas Kedubes Singapura.

Kedutaan Besar India di Jakarta turut melayangkan dukacita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Habibie.

Dukacita juga disampaikan oleh sejumlah pemimpin negara. Salah satunya, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Takziah kepada keluarga serta seluruh warga Indonesia atas wafatnya Bapak BJ Habibie. Sesungguhnya kepergiannya merupakan kehilangan yang besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas rohnya. Al Fatihah," tulis PM Mahathir.

Masih dari Malaysia, ucapan duka juga datang dari sahabat karib Habibie yakni Pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia Anwar Ibrahim.

Anwar menyatakan, Habibie merupakan individu yang sudah dia anggap sebagai keluarga.

"Menurut saya, sosok Habibie itu sederhana, bicaranya pintar dan panjang tetapi tidak seperti politikus pada umumnya. Dia berbicara dari keyakinan dan hati nurani. Hal ini menurut saya merupakan sesuatu yang unik dari seorang tokoh dan pemimpin besar," tulis Anwar di Facebook.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyebut Habibie sebagai orang yang memimpin Indonesia pada masa transisi besar-besaran.

"Belasungkawa terdalam atas meninggalnya presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie ... Keberanian dan visinya selama periode reformasi dihargai di Australia," jelas PM Morrison.

Pemerintah menetapkan hari berkabung nasional hingga 14 September. Habibie akan dimakamkan di TMPN Kalibata pada Kamis (12/9), tepat di samping makam istrinya, Ainun Besari Habibie, yang meninggal pada 22 Mei 2010.

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Rabu, 20 Nov 2019 19:35 WIB
Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Selasa, 19 Nov 2019 21:07 WIB