sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ekonomi lesu, India pangkas PPh Badan

Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman mengatakan bahwa tarif akan diturunkan menjadi 22% dari 30%.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 20 Sep 2019 20:04 WIB
Ekonomi lesu, India pangkas PPh Badan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 30515
Dirawat 18806
Meninggal 1801
Sembuh 9907

India telah memangkas tarif pajak penghasilan (PPh) Badan dalam upaya memacu investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman mengatakan bahwa tarif akan diturunkan menjadi 22% dari 30%.

Perusahaan yang menerima insentif atau pengecualian akan mengalami pemangkasan hingga 25% dari 35%. Selain itu, tarif terhadap sejumlah perusahaan manufaktur baru akan turun menjadi 15% dari 25%.

A Prasanna, kepala penelitian di ICICI di Mumbai mengatakan, langkah tersebut akan meningkatkan investasi dan lapangan kerja.

"Ini adalah langkah yang telah lama ditunggu dan sangat positif oleh menteri keuangan. Tarif baru menyederhanakan arsitektur pajak dan itu akan memberikan rangsangan bagi investasi dan lapangan kerja," kata dia kepada Reuters.

Sponsored

Pertumbuhan ekonomi India berada pada level terendah selama enam tahun dan pemerintah telah mengambil serangkaian langkah untuk mendorong perekonomian.

Pada tahun ini, bank sentral India telah memangkas suku bunga empat kali dan suku bunga acuan saat ini berada pada level terendah dalam hampir satu dekade.

India telah mengandalkan konsumsi domestik untuk mendorong pertumbuhan tetapi pengeluaran telah melambat dengan tajam.

Sumber : BBC

Berita Lainnya