Dunia / Turki

Emir Qatar menghadiahi presiden Turki jet pribadi mewah

Qatar dan Turki memiliki relasi strategis dalam bidang politik, ekonomi, dan militer.

Emir Qatar menghadiahi presiden Turki jet pribadi mewah Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu di Ankara pada 15 Agustus 2018 / Kayhan Ozer/Presidential Palace/Handout via REUTERS

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memberikan hadiah berupa sebuah pesawat Boeing 747-8 kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Sebuah surat kabar lokal menyebutnya sebagai jet pribadi terbesar dan termahal di dunia.

Jet mewah yang disebut-sebut bernilai sekitar US$367 juta itu mendarat di Bandara Internasional Sabiha Gokcen di Istanbul dari Perancis, tulis surat kabar Yeni Safak. 

Dengan berbagai fasilitas termasuk lounges, ruang rapat, dan ruang duduk kelas satu, jet ini dirancang untuk membawa 94 orang, di antaranya 76 penumpang dan 18 awak.

Sistem keamanan dan fasilitas hiburan turut melengkapi kemewahan jet ini.

Boeing 747-8 tersebut sebelumnya bertugas di Qatar Amiri Flight, maskapai penerbangan VIP swasta yang beroperasi secara eksklusif bagi keluarga kerajaan dan pejabat tinggi pemerintah.

Qatar dan Turki memiliki relasi strategis dalam bidang politik, ekonomi, dan militer. Pada tahun 2015, kedua negara membentuk Supreme Strategic Committe untuk menjaga dan meningkatkan hubungan mereka.

Pada Agustus lalu, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengumumkan, pihaknya akan mengucurkan investasi senilai US$15 miliar ke pasar keuangan negara dan bank Turki menyusul krisis mata uang lira yang terjadi.

Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tercatat sebagai kepala negara asing pertama yang menginjakkan kaki di Turki sejak ketegangan antara Turki dan Amerika Serikat bergulir terkait penahanan seorang pastor.

 

 

Sumber: Xinhua dan Aljazeera


Berita Terkait