sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ethiopia memanas, kepala staf pertahanan ditembak

Upaya kudeta dilaporkan terjadi untuk menggulingkan kepala pemerintah daerah Amhara Ambachew Mekonnen.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Minggu, 23 Jun 2019 10:13 WIB
Ethiopia memanas, kepala staf pertahanan ditembak

Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengumumkan bahwa kepala staf pertahanan negara itu ditembak di wilayah Amhara utara. Ahmed juga menyatakan bahwa sejumlah pejabat juga tewas ditembak oleh "rekan-rekan mereka" saat tengah mengadakan pertemuan di Bahir Dar.

Disampaikan Ahmed, Kepala Staf Jenderal Seare Mekonnen diserang oleh tentara bayaran. Namun, Ahmed tidak menjelaskan detailnya.

Sebelumnya, juru bicara PM Ahmed, Negussu Tilahun mengatakan bahwa sekelompok orang berusaha untuk melengserkan Ambachew Mekonnen, kepala pemerintah daerah Amhara.

"Upaya sedang dilakukan untuk menangkap mereka," ujarnya.

Partai yang berkuasa di Amhara menuduh seorang mantan kepala keamanan, yang dibebaskan dari penjara setelah Ahmed berkuasa, berada di balik fenomena kekerasan.

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat dilaporkan mengetahui laporan-laporan tentang tembakan di Addis Ababa. 

Ahmed terpilih tahun lalu dan dilaporkan telah mengambil serangkaian kebijakan untuk mengakhiri penindasan politik di Ethiopia dengan membebaskan tahanan politik, menghapus larangan partai politik dan menuntut pejabat yang dituduh melakukan pelanggaran.

Namun menurut PBB, sejak Ahmed berkuasa, kekerasan etnis kembali muncul dan menyebabkan 2,4 juta warga Ethiopia terlantar.

Sponsored

Sejumlah laporan menyatakan bahwa internet di negara itu diputus.

Sumber : BBC