sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Fatalitas akibat Covid-19 di Brasil tertinggi ketiga di dunia

Dalam 24 jam terakhir, Brasil melaporkan rekor kematian harian tertinggi yakni 1.473.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 05 Jun 2020 11:55 WIB
Fatalitas akibat Covid-19 di Brasil tertinggi ketiga di dunia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Angka kematian akibat Covid-19 di Brasil melonjak menjadi 34.039, membuatnya yang tertinggi ketiga di dunia, melampaui Italia yang mencatat 33.689 kematian.

Dalam 24 jam terakhir, Brasil melaporkan rekor kematian harian tertinggi yakni 1.473.

Termasuk angka kematian, Brasil sejauh ini melaporkan 615.870 kasus infeksi coronavirus jenis baru, di mana 274.997 di antaranya dinyatakan sembuh.

Para pakar kesehatan menilai, kurangnya kapasitas pengujian di Brasil memperlihatkan bahwa total kematian sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi dari pencatatan resmi.

Brasil, negara berpenduduk 210 juta orang, merupakan yang paling terpukul akibat Covid-19 di Amerika Latin.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro berulang kali menentang pembatasan sosial yang diterapkan demi mengekang penyebaran sosial, seperti larangan ke luar rumah dan social distancing, bahkan ketika jumlah infeksi dan kematian terus meningkat.

Bolsonaro mengkritik sebagian besar gubernur negara bagian yang memerintahkan penutupan bisnis nonesensial, menilai bahwa tindakan mereka menyakiti ekonomi nasional.

Dalam sebuah pengarahan media secara virtual pada Kamis (4/6), Bolsonaro sama sekali tidak menyinggung soal peningkatan kasus kematian harian. Dia justru menyerang kebijakan karantina dan social distancing.
"Kita tidak bisa terus seperti ini. Tidak ada yang bisa menerimanya lagi," kata Bolsonaro terkait upaya pembatasan sosial yang diterapkan oleh gubernur negara bagian dan wali kota di seluruh negeri.

Sponsored

Direktur Brazil’s Institute for Health Policy Studies Migel Lago, menyatakan pelonggaran pembatasan sosial adalah kesalahan yang dapat memicu ledakan infeksi dan menambah tekanan pada rumah sakit.

"Saya khawatir rumah sakit di seluruh negeri akan kewalahan menangani pasien Covid-19," tutur dia.

Kasus infeksi Covid-19 telah terdeteksi di lebih dari 70% di kota Brasil, dengan Rio dan Sao Paulo merupakan wilayah yang paling terpukul.

Lago menegaskan, Bolsonaro memikul tanggung jawab atas situasi pandemik yang terus memburuk di Brasil. Dia menilai pemerintahan Bolsonaro tidak kompeten dalam menangani penyebaran Covid-19.

"Dia tidak peduli dengan kehidupan warga Brasil yang terancam akibat perilakunya yang benar-benar tidak bertanggung jawab" kata dia. (France 24 dan The Guardian)
 

Berita Lainnya