Dunia / K-Pop

Gara-gara pakaian, grup K-Pop BTS batal tampil di TV Jepang

Park Jimin mengenakan baju gambar pemboman atom yang disejajarkan dengan kalimat-kalimat perayaan pembebasan Korea dari Jepang.

Gara-gara pakaian, grup K-Pop BTS batal tampil di TV Jepang
Grup musik Korea Selatan BTS. IG/@bts.bighitofficial

Sebuah stasiun Jepang TV Asahi membatalkan penampilan grup asal Korea Selatan BTS akibat adanya laporan akan pakaian kontroversial yang dikenakan salah satu anggotanya.

Beredar foto salah satu anggota BTS Park Jimin mengenakan baju bergambar pemboman atom yang disejajarkan dengan kalimat-kalimat perayaan pembebasan Korea dari Jepang setelah Perang Dunia II.

Foto itu diambil dari sebuah episode serial 'Bon Voyage' milik BTS pada tahun 2017. Gambar tersebut seketika viral di media sosial Jepang.

Pihak TV Asahi mengatakan telah berbicara dengan label rekaman BTS, Universal Music Japan, demi mengetahui alasannya memakai baju tersebut. Juru bicara Universal Music Shinya Matsuki menolak untuk berkomentar mengenai hal ini.

Namun, Universal Music menyatakan akan tetap mendukung BTS serta telah mengonfirmasikan pembatalan kehadiran mereka di acara 'Music Station' TV Asahi.

Stasiun TV Jepang tersebut juga meminta maaf pada penonton mereka yang sudah menantikan penampilan BTS yang sebelumnya dijadwalkan akan berlangsung pada Jumat (9/11).

Selebriti K-Pop dan aktor asal Korea Selatan sangat digemari di Jepang, hal ini kontras dengan kontroversi dan permusuhan pada aspek lain dari hubungan kedua negara tersebut akibat kependudukan Jepang di Semenanjung Korea pada awal abad ke-20 hingga akhir Perang Dunia II. (Washington Post dan AP)


Berita Terkait

Kolom

Infografis