sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gempa kuat hantam Papua Nugini, 4 orang tewas

Sistem peringatan tsunami AS mengeluarkan peringatan setelah gempa tetapi kemudian mengatakan bahaya telah berlalu.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 12 Sep 2022 17:16 WIB
Gempa kuat hantam Papua Nugini, 4 orang tewas

Gempa berkekuatan 7,6 SR melanda Papua Nugini timur pada hari Minggu (10/9). Bencana itu menewaskan sedikitnya empat orang, dan merusak properti dan infrastruktur penting.

Gempa melanda sekitar 67 km timur Kainantu dan 80 km barat laut Lae di wilayah PNG timur, sekitar pukul 09:45 waktu setempat, tetapi dirasakan sekitar 500 km (310 mil) jauhnya di ibu kota Port Moresby.

Tingkat kerusakan penuh tidak segera jelas karena lokasi gempa jauh. Gempa bumi biasa terjadi di PNG, yang terletak di "Cincin Api" Samudra Pasifik, hotspot untuk aktivitas seismik karena gesekan antara lempeng tektonik.

Sementara pemerintah tidak memberikan angka kematian, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) di Asia dan Pasifik mengatakan bahwa setidaknya 4 kematian dan empat cedera telah dilaporkan.

Satu orang tewas dalam tanah longsor di Pantai Rai, Madang, dengan tiga lainnya terkubur di Wau, Morobe, kata tim penanggulangan bencana PNG OCHA dalam sebuah laporan yang diposting di Twitter. Jaringan listrik regional, kabel internet, dan jalan raya regional rusak, tetapi bandara beroperasi, katanya. Beberapa dari mereka yang terluka diterbangkan untuk perawatan segera.

Penduduk Papua Nugini berbagi gambar dan video di media sosial tentang jalan yang retak, bangunan dan mobil yang rusak, dan barang-barang yang jatuh dari rak supermarket.

Laporan PBB mengatakan orang-orang telah terluka oleh struktur atau puing-puing yang jatuh, dan ada kerusakan pada beberapa pusat kesehatan, rumah, jalan pedesaan dan jalan raya.

Infrastruktur listrik rusak di daerah yang terkena dampak, menyebabkan pemadaman listrik di Dataran Tinggi Timur.

Sponsored

Penyedia komunikasi yang didukung negara PNG DataCo juga melaporkan dampak pada jaringan kabel bawah lautnya, yang mengakibatkan gangguan yang meluas.

Sistem peringatan tsunami AS mengeluarkan peringatan setelah gempa tetapi kemudian mengatakan bahaya telah berlalu. Tidak ada ancaman langsung ke Australia, kata Biro Meteorologi.

Pada tahun 2018, gempa berkekuatan 7,5 SR mengguncang dataran tinggi pegunungan terpencil di PNG, menewaskan lebih dari 100 orang dan merusak ribuan rumah.

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid