sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hari ketiga SU PBB, Menlu RI gelar enam pertemuan bilateral

Keenam negara tersebut adalah Luxembourg, Belanda, Arab Saudi, Bahrain, Australia dan Timor Leste.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 27 Sep 2019 09:01 WIB
Hari ketiga SU PBB, Menlu RI gelar enam pertemuan bilateral
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Pada Rabu (25/9) atau hari ketiga Sidang Umum ke-74, Menlu RI Retno Marsudi melangsungkan pertemuan bilateral dengan enam negara.

"Hari ini saya telah bertemu mitra-mitra saya dari enam negara, yaitu Luxembourg, Belanda, Arab Saudi, Bahrain, Australia dan Timor Leste," ungkap Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemlu RI, Jumat (27/9).

Pertemuan dengan Arab Saudi difokuskan untuk membahas tindak lanjut hasil kunjungan kepala negara baru-baru ini. Kedua belah pihak sepakat mengenai perlunya pembentukan High Level Summit antara Indonesia dan Arab Saudi. Selain itu, turut dibincangkan pula mengenai status kerja sama antara Pertamina dan Aramco. Saat ini tengah dilakukan proses evaluasi asset dari Pertamina. 

Isu Palestina tidak luput dari pembahasan dalam pertemuan bilateral dengan Arab Saudi. Kedua menlu menyampaikan keprihatinan atas perkembangan terkini terkait konflik Israel dan Palestina. Keduanya sepakat mengenai perlunya ada seruan untuk bersatu dan membantu perjuangan bangsa Palestina. 

Sementara itu, dalam pertemuan dengan Menlu Bahrain, Menlu Retno juga menekankan mengenai peningkatan kerja sama bilateral. Kedua menlu telah tandatangani MoU mengenai perjanjian bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas. Saat ini juga tengah dilakukan finalisasi Visa on Arrival bagi pemegang paspor biasa Indonesia untuk berkunjung ke Bahrain. 

Dalam pertemuan dengan Menlu Luxembourg, disampaikan keinginan Luxembourg untuk segera memfinalisasi dan menandatangani MoU mengenai Air Servises Agreement.

Adapun pertemuan Trilateral dilakukan Menlu Retno dengan Menlu Australia dan Menlu Timor Leste. Pertemuan tiga menteri tersebut membahas pengembangan konektivitas antar ketiga negara, di antaranya pembukaan jalur laut antara Darwin, Kupang dan Dili, serta jalur penerbangan dari Kupang ke Perth.

"Ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi domestik, apalagi jika MOU pengaturan perbatasan dan pergerakan orang, khususnya dengan Timor Leste, telah disepakati", tutur Retno. 

Sponsored

Pertemuan ini terakhir kali terlaksana pada tahun 2013 dan dinilai penting untuk bertukar pikiran terkait isu yang menjadi kepentingan tiga negara. 

Di hari yang sama, Menlu Retno juga ikut mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Presiden International Committee of Red Cross (ICRC).

Berita Lainnya