sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Hujan bantu redakan krisis kebakaran di Australia

Guyuran hujan di sepanjang wilayah pantai, dari Sydney sampai Melbourne, menurunkan suhu hingga serendah 20-an Celsius.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 06 Jan 2020 09:14 WIB
Hujan bantu redakan krisis kebakaran di Australia

Hujan ringan pada hari kedua memberi sedikit bantuan bagi upaya untuk memadamkan kebakaran hutan yang telah menewaskan 24 orang di seluruh Australia tenggara. Tetapi para pejabat pada Senin (6/1) memperingatkan, kondisi panas dan berangin diperkirakan akan kembali pada akhir pekan ini.

Guyuran hujan di sepanjang wilayah pantai, dari Sydney hingga Melbourne menurunkan suhu hingga serendah 20-an Celsius dari sebelumnya yang mencapai hampir 40 derajat Celsius di beberapa daerah selama akhir pekan.

"Tidak ada ruang untuk berpuas diri, terutama mengingat kami masih memiliki lebih dari 130 kebakaran di seluruh negara bagian," kata Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian pada Senin.

Dua orang hilang di Negara Bagian New South Wales dan otoritas pemadam masih berusaha menilai kerusakan akibat kebakaran yang merusak kota-kota kecil di tenggara negara bagian itu pekan lalu.

"Pagi ini semua tentang pemulihan, memastikan orang-orang yang telantar memiliki tempat yang aman (untuk tinggal) dan memastikan kami memiliki sumber daya untuk membersihkan jalan, membersihkan tempat puing-puing yang ada," ujar Berejiklian.

Pejabat pemadam kebakaran mengatakan bahwa walaupun hujan telah membawa bantuan kepada petugas pemadam kebakaran dan masyarakat yang dirusak oleh kebakaran, hal itu menimbulkan tantangan bagi upaya mengurangi kebakaran di masa depan dan mengendalikan kebakaran yang ada.

Australian Broadcasting Corp melaporkan, di Teluk Batemans di pantai selatan New South Wales, listrik diperkirakan akan tetap ada selama beberapa hari lagi. Namun, lebih jauh ke selatan di Bermagui, makanan dan bahan bakar hampir habis.

Ribuan wisatawan dan penduduk setempat telah terdampar di pantai pada puncak musim liburan musim panas, berlindung dari kebakaran yang tidak terkendali.

Sponsored

Lebih dari 1.000 orang dievakuasi oleh dua kapal angkatan laut pada Jumat dari Kota Mallacoota di Negara Bagian Victoria, sementara yang lain telah dievakuasi dengan helikopter dari kota-kota di mana jalan telah terputus.

Musim kebakaran dimulai lebih awal dari waktu normal tahun ini setelah kekeringan tiga tahun yang telah menyebabkan banyak daerah semak belukar kering dan rentan terhadap kebakaran. Lebih dari lima juta hektar lahan telah hancur selama musim kebakaran ini.

Perdana Menteri Scott Morrison meningkatkan upaya untuk mengatasi keadaan darurat nasional pada akhir pekan, dengan memanggil tentara cadangan untuk mendukung petugas pemadam kebakaran. Itu belum pernah terjadi sebelumnya. Meski demikian, respons pemerintah federal itu dipandang lambat. (Ant)

Berita Lainnya