sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

India jadi negara ketiga melampaui 4 juta kasus Covid-19

Dalam 13 hari naik sejutaan kasus positif di India.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Minggu, 06 Sep 2020 11:53 WIB
India jadi negara ketiga melampaui 4 juta kasus Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

India mencatat lebih dari 4 juta kasus coronavirus baru (Covid-19) dengan rekor lonjakan harian tertinggi pada Sabtu (5/9).

India menjadi negara ketiga yang mencapai angka tersebut, setelah Amerika Serikat (AS) dengan 6,3 juta kasus dan Brasil dengan 4,1 juta kasus.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) India mencatat 86.432 kasus baru tercatat pada Sabtu (5/9) dengan jumlah kematian harian lebih dari 1.000 kasus. Ini terjadi karena pemerintah melonggarkan pembatasan dalam upaya untuk menghidupkan kembali perekonomian.

Kasus Covid-19 di India meningkat dari 3 juta menjadi 4 juta hanya dalam 13 hari, lebih cepat dari Amerika Serikat dan Brasil.

Pandemi sekarang menyebar ke daerah pedesaan yang memiliki fasilitas kesehatan yang buruk, tetapi juga muncul kembali di kota-kota besar seperti Delhi dan Mumbai.

Negara bagian Maharashtra, termasuk Mumbai, telah menjadi pusat krisis di India sejak karantina wilayah (lockdown) diberlakukan pada Maret.

Seorang profesor ekonomi dan mantan penasihat pemerintah, Shamika Ravi, mengatakan, India "jauh dari" puncak. Pemerintah disarankan turut fokus mengampanyekan melawan Covid-19 di Maharashtra.

"Tidak ada pengendalian Covid-19 di India tanpa melakukan pengendalian wabah di Maharashtra," cuitnya melalui Twitter.

Sponsored

Shamika menambahkan, Maharashtra akan terus memengaruhi penyebaran infeksi di tempat lain di India, mengingat signifikansi ekonomi negara bagian tersebut. (CNA)

Berita Lainnya