sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

India setujui penggunaan vaksin buatan Rusia Sputnik V

Sputnik V menjadi vaksin Covid-19 ketiga yang disetujui di India, menyusul AstraZeneca dan Covaxin.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 13 Apr 2021 18:37 WIB
India setujui penggunaan vaksin buatan Rusia Sputnik V

Kementerian Kesehatan India pada Senin (12/4) menyatakan bahwa regulator obat-obatan negara tersebut telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 milik Rusia, Sputnik V.

"India, negara terpadat kedua di dunia, menjadi negara ke-60 yang menggunakan Sputnik V setelah hasil positif dari studi klinis fase ketiga. Sputnik V sekarang digunakan di 60 negara dengan populasi lebih dari tiga miliar orang," jelas sebuah twit dari akun resmi Sputnik V.

Komite Ahli Subjek India (SEC) dari Central Drugs Standard Control Organization (CDSCO) sedang mempertimbangkan aplikasi oleh perusahaan farmasi Dr Reddy's Laboratories, yang telah meminta otorisasi untuk penggunaan Sputnik V.

"Setelah penjelasan rinci, SEC merekomendasikan pemberian izin untuk penggunaan terbatas dalam situasi darurat tunduk pada berbagai ketentuan peraturan," bunyi pernyataan Kemenkes India.

Sponsored

Rekomendasi itu muncul ketika negara Asia Selatan berjuang melawan peningkatan kasus infeksi Covid-19, di tengah laporan kekurangan vaksin dan infrastruktur kesehatan yang kewalahan di beberapa negara bagian.

Pada Senin, India melampaui Brasil dan menjadi negara terparah kedua di dunia, secara keseluruhan melaporkan rekor harian 168.912 kasus baru. Total beban kasus Covid-19 di negara itu mencapai 13,53 juta, melebihi Brasil dengan 13,45 juta, menurut data dari Johns Hopkins University.

Sejauh ini, India telah memberikan sekitar 105 juta suntikan vaksin di antara populasi lebih dari 1,3 miliar. Sputnik V, jika disetujui oleh DCGI, akan menjadi vaksin Covid-19 ketiga yang diizinkan untuk digunakan di negara tersebut, setelah vaksin Oxford-AstraZeneca, yang dikenal di India sebagai Covishield, dan Covaxin. (Deutsche Welle)

Berita Lainnya